HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS JENIS-JENIS KARANGAN

Trisna Helda, Rahayu Fitri, Titiek Fujita Yusandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman terhadap keterampilan menulis jenis-jenis karangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1-X9 SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 281 orang. Teknik penarikan sampel penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil perbandingan besarnya koefisien hubungan tersebut, dapat disimpulkan, bahwa hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis terhadap kelima jenis karangan, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi, hubungan yang paling signifikan adalah hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis karangan argumentasi karena memperoleh hasil r sebesar 0,588.

Keywords


hubungan, penguasaan kosakata, jenis-jenis karangan

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Sukirman, D., & Darmawan, D. (2017). The Influence, of Media ssisted Learning Model Sinektit Poster to Improving the Writing Skills of Students in The Subject of Indonesian, Educational Technologia, 3(2). (https://s.id/2q5ba, diakses 3 Agustus 2020).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmazaki. 2007. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang:Citra Budaya Indonesia.

Chaer, Abdul. 2009. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Darwis, Riadi,dkk. 2013. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas 2006. Standar Isi Kurikulum 2006: Untuk Satuan Pendidikan Dasar

dan Menengah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fitriyani, D. (2015). Penguasaan Kalimat Efektif dan Penguasaan Diksi dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Pada Siswa SMP. Jurnal Pesona, 1(2). (https://s.id/2q6fq, diakses 3 September 2020).

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Aazman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9 (03), 385-391. (https://s.id/2q5Xz, diakses 3 November 2018).

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa Komposisi Lanjutan I. Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.

Mc Keith, I. G., dkk. (2017). Diagnosis and management of dementia with Lewy bodies: Fourth consensus report of the DLB Consortium. Neurology, 89 (1), 88-100. (https://s.id/2nWVd. diakses 1 November 2019).

Manaf, Ngusman Abdul. 2008. Semantik Teori dan Terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang: Sukabina Offset.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarat: BPSE.

Novitasari, K., Hasanah, M., & Pratiwi, Y. (2017). Pemanfaatan Gambar sebagai Media dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017(pp. 763-769). (https://s.id/2q5Bn, diakses 3 September 2020).

Sari, M. Y., & Kartono, J. D. (2017).Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(2). (https://s.id/2q5H8, diakses 3 Agustus 2020).

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: Etika Offset Padang.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.