KAJIAN SEMIOTIK PUISI “DALAM DOAKU” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO

Aulia Zahra Fadhila, Hidayah Budi Qur’ani

Abstract


Puisi merupakan cara yang digunakan pengarang untuk menyampaikan sesuatu yang sedang ia rasakan melalui pemilihan kata-kata yang apik. Puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi Djoko Damono merupakan puisi yang ditulis pada tahun 1989 lalu diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Aggota IKAPI, Jakarta, pada tahun 2013. Sapardi memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan makna tersirat yang terkandung pada puisi”Dalam Doaku” tersebut. Pentingnya melakukan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bacaan hermeneutik dengan mengunakan kajian semiotik yang dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce pada puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi Djoko Damono. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi Djoko Damono. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya; (1) 7 ikon yang terdapat dalam puisi adalah kata memejamkan mata, menerima ketika, senantiasa, hinggap, menyusup dan mengusut; (2) 9 indeks yang terdapat dalam puisi adalah kata menjelma, meluas bening, melengkung hening, bersitahan, rahasia, bernyanyi, mencintaimu, dan keselamatanmu; serta (3) 9 simbol yang terdapat dalam puisi adalah kata subuh, cahaya pertama, muskil, mendesau, magrib, nun bersijingkat, doa, dan malamku.Kata Kunci: Puisi, Semiotik, Ikon, Indeks, Simbol

Full Text:

PDF

References


Damono, S. D. (2013). Dalam Doaku. Gramedia Pustaka Utama.

Esten, M. (1978). Kesusastraan Pengantar Teori & Sejarah. Angkasa.

Mila Nirmala Sari Hasibuan, Elysa Rohayani Hsb, Fauziah Hanum, N. J. H. (2020). Kajian semiotik dalam puisi ketika engkau bersembahyang karya emha ainun najib (Vol. 8, Issue 2, pp. 26–29).

Peirce, C. S. (1982). Logic as Semiotics: The Theory of Sign. Indiana Universty Press.

Pradopo, R. D. (2010). Beberapa Teori Sastra, Metode, dan Penggunaannya. Pustaka Belajar.

Pradopo, R. D. (2012). Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Pustaka Belajar.

Ratna, N. K. (2006). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.5740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.