KARAKTERISTIK LARAS IKLAN PADA AKUN ONLINE SHOP DI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Sri Mulyani, Nurul Suhendarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laras bahasa iklan di media sosial Instagram dengan cara mencari beberapa akun online shop di platform media sosial Instagram yang sudah lama dan berhasil menjalankan bisnis tersebut kemudian menganalisis setiap caption atau keterangan setiap unggahan produk dalam bentuk foto atau video yang memuat kata dan kalimat yang menggugah, informatif, persuasif dan bertenaga gerak. Sampel penelitian ini adalah 15 akun online shop di media sosial Instagram yang masing-masing diambil 1 caption atau keterangan unggahan dari setiap akun. Setiap owner atau pembisnis khususnya bisnis di media sosial pasti menyertakan caption di setiap unggahan produknya. Caption yang ditulis untuk menjelaskan detail produk seringkali tidak dipahami oleh pembaca. Penelitian dengan judul “Laras Iklan pada akun online shop di Platform Media Sosial Instagram” bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa iklan yang digunakan akun online shop di platform media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik data yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik telaah pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik dalam mengolah data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian karakteristik laras bahasa iklan pada akun online shop di media sosial menunjukan adanya kata atau kalimat yang menggugah, informatif, persuasif dan bertenaga gerak dalam penulisan keterangan atau caption. Implikasi dari laras iklan tersebut berdampak pada proses belajar mengajar yaitu bahan ajar pada KD 3.4 menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Yulia, Dkk. 2015.Penggunaan bahasa iklan pada papan reklame.Jurnal Pujangga Volume 1. Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Banyumurti, Indriyatno. 2018. Sosial Media. diakses secara online di literasidigital.id pada tanggal 26 Januari 2021.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum Edisi Revisi.Jakarta:Rineka Cipta.

Gintings, Abdurrakhman. 2012. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran.Bandung: Humanlora

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurtanto, Eko. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.Online.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Edisi ketiga.Depok:Rajawali pers.

Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Nuh, Muhammad. 2016. Metode Penelitian Bahasa Cetakan III. Yogyakarta:Arruzz media.

Rapp, Stan and Tom Collins. 1995. Terobosan baru dalam strategi promosi, periklanan dan promosi.Maxi Marketing.Jakarta: Erlangga.

Sabillah, Dena dkk. 2019. Ragam dan Laras Bahasa. Universitas Indraprasta PGRI

Sugiyono.2020. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wresniati, Siwi. 1997. Sekilas Tentang Laras Bahasa Media Massa Cetak.Media Litbangkes.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v5i2.6456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.