PERILAKU BERBAHASA YOUTUBER GAMING MOBILE LEGEND

Lalu Muhammad Ilham Fajri, Yulina Puspitasari, Muhammad Zulfa Irfansyah, Tegar Wijiarko, Laili Etika Rahmawati

Abstract


Penelitian ini berangkat dari kekhasan perilaku bahasa yang digunakan oleh para Youtuber gaming Mobile Legends. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan register pemain Mobile Legend, perilaku berbahasa dan dampak perilaku berbahasa dalam konten youtube gaming Mobile Legend. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa ujaran berupa kata-kata, kalimat yang diucapkan atau disisipkan dalam video pemutaran Mobile Legends. Sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur seperti jurnal dan buku. Pengumpulan data menggunakan teknik simak catat dan studi pustaka. Data dianalisis dengan teknik translasi dan teknik analisis data sosiopragmatik. Selanjutnya adalah penyajian dan kesimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Register Mobile Legend berupa kata, frasa, dan abreviasi kebanyak berbahasa Inggris. (2) Perilaku bahasa yang ditunjukkan mengarah pada perilaku negatif seperti campur kode dan kata-kata makian. (3) Perilaku  berbahasa yang negatif berdampak pada eksistensi bahasa Indonesia dan hubungan sosial dalam masyarakat.

Keywords


Register, Perilaku Bahasa, Youtuber, Mobile Legend

Full Text:

PDF

References


Aisah, S., & Noviadi, A. 2018. Ragam Bahasa Lisan Para Pedagang Buah Pasar Langensari Kota Banjar. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(1), 81-87.

Almajid, Rais M. 2019. Tindak Verbal Abuse dalam Permainan Mobile Legend di Indonesia: Kajian Sosiolinguistik.Jurnal Estestik.2(2) : 171 – 182.

Anggraini, Nia., & Dyah, Rachmawati Sugiyanto., 2021. Pemaknaan Bahasa dalam Percakapan Pemain Online Game. .Jurnal Communications.3(1) : 1-17.

Dwijayanti, T. A., & Mujianto, G. 2021. Analisis Penggunaan Variasi Register Berdasarkan Model Interaksi Speaking dalam Media Sosial Youtube. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 70-83.

Fajri, L. M. I., & Sabardila, A. 2021. Humor Bahasa Dalam Film Ooo Menu Jarin: Kurang Menge Sebagai Kritik terhadap Xenoglosofilia di Ruang Publik. CAKRAWALA LINGUISTA, 4(1), 11-21.

Gusar, M. R. S., & Simanungkalit, K. E. 2021. Campur Kode dan Fungsinya Dalam Komunitas Pemain Mobile Legend Bang Bang: Kajian Etno Sosiopragmatik. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 696-708.

Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. 2021. Dampak Game online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja. Student Journal of Community Education, 1-13.

Hermawan, A. I., Rumaf, N., & Putra, T. Y. 2020. Analisis Abbrevation Bahasa Game online Pada Permainan Mobile Legend (Kajian Morfologi. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 8-18.

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. 2017. Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161-174.

Mayasari, N. K. 2018. Register Pengguna Game online Mobile Legend di Warung Kopi Daerah Lidah Wetan Surabaya. BAPALA, 5(2).

Qoyyimah, A. L. N., & Sabardila, A. 2021. Bentuk Kesalahan Berbahasa dalam Pidato Mahasiswa Yang Memerankan Diri Sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Blora. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 173-186.

Rahayu, N.Q.M.L. & Mulyono. 2021. Register Pengguna Game Dragon Raja: SEA. Bapala: 8(2), 90-100.

Rizkiansyah, R. A., & Rustono, R. 2017. Perilaku Berbahasa Pengembang Perumahan, Pengelola Hotel, dan Pengelola Toko. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 25-33.

Rohullah, R. 2017. Pengaruh perilaku bahasa dalam masyarakat terhadap mutu pendidikan dan perkembangan sikap/karakter pada anak usia dini. In Proceedings Education and Language International Conference. Juni 2017 (Vol. 1, No. 1).

Santoso, B. B., & Fatimah, F. 2021. Komunikasi antar Budaya Masyarakat Pedalaman Papua Melalui Model Komunikasi di Youtube Expedisi Segaris Episode 9. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(02), 1-8.

Savitri, P. W. 2021. Variasi Bahasa Para Content Creator Di Youtube: Kajian Sosiolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA). Agustus 2021. (Vol. 1, No. 1, pp. 67-73).

Sumarsono & Paini Partana. 2016. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarto, S. A., Wulandari, C., & Hartanto, E. 2019. Communication Meaning in The Community Online Mobile Legends Based on Depok Players Realities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6 (10), 43-48.

Valentina, E., & Sari, W. P. 2019. Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Koneksi, 2(2), 300-306

Wibisono, B. 2020. Perilaku Berbahasa Masyarakat pada Era Disrupsi. UNEJ e-Proceeding, 31-41.

Wibowo, A., & Rusdi, F. 2019. Analisis Personal Branding Youtuber Permainan Online: (Studi Fenomenologi Michael Souw). Prologia, 3 (1), 31—38.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.