PERILAKU BERBAHASA YOUTUBER GAMING MOBILE LEGEND
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S., & Noviadi, A. 2018. Ragam Bahasa Lisan Para Pedagang Buah Pasar Langensari Kota Banjar. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(1), 81-87.
Almajid, Rais M. 2019. Tindak Verbal Abuse dalam Permainan Mobile Legend di Indonesia: Kajian Sosiolinguistik.Jurnal Estestik.2(2) : 171 – 182.
Anggraini, Nia., & Dyah, Rachmawati Sugiyanto., 2021. Pemaknaan Bahasa dalam Percakapan Pemain Online Game. .Jurnal Communications.3(1) : 1-17.
Dwijayanti, T. A., & Mujianto, G. 2021. Analisis Penggunaan Variasi Register Berdasarkan Model Interaksi Speaking dalam Media Sosial Youtube. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 70-83.
Fajri, L. M. I., & Sabardila, A. 2021. Humor Bahasa Dalam Film Ooo Menu Jarin: Kurang Menge Sebagai Kritik terhadap Xenoglosofilia di Ruang Publik. CAKRAWALA LINGUISTA, 4(1), 11-21.
Gusar, M. R. S., & Simanungkalit, K. E. 2021. Campur Kode dan Fungsinya Dalam Komunitas Pemain Mobile Legend Bang Bang: Kajian Etno Sosiopragmatik. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 696-708.
Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. 2021. Dampak Game online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja. Student Journal of Community Education, 1-13.
Hermawan, A. I., Rumaf, N., & Putra, T. Y. 2020. Analisis Abbrevation Bahasa Game online Pada Permainan Mobile Legend (Kajian Morfologi. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 8-18.
Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. 2017. Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 14(1), 161-174.
Mayasari, N. K. 2018. Register Pengguna Game online Mobile Legend di Warung Kopi Daerah Lidah Wetan Surabaya. BAPALA, 5(2).
Qoyyimah, A. L. N., & Sabardila, A. 2021. Bentuk Kesalahan Berbahasa dalam Pidato Mahasiswa Yang Memerankan Diri Sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Blora. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 173-186.
Rahayu, N.Q.M.L. & Mulyono. 2021. Register Pengguna Game Dragon Raja: SEA. Bapala: 8(2), 90-100.
Rizkiansyah, R. A., & Rustono, R. 2017. Perilaku Berbahasa Pengembang Perumahan, Pengelola Hotel, dan Pengelola Toko. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 25-33.
Rohullah, R. 2017. Pengaruh perilaku bahasa dalam masyarakat terhadap mutu pendidikan dan perkembangan sikap/karakter pada anak usia dini. In Proceedings Education and Language International Conference. Juni 2017 (Vol. 1, No. 1).
Santoso, B. B., & Fatimah, F. 2021. Komunikasi antar Budaya Masyarakat Pedalaman Papua Melalui Model Komunikasi di Youtube Expedisi Segaris Episode 9. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(02), 1-8.
Savitri, P. W. 2021. Variasi Bahasa Para Content Creator Di Youtube: Kajian Sosiolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMNALISA). Agustus 2021. (Vol. 1, No. 1, pp. 67-73).
Sumarsono & Paini Partana. 2016. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sunarto, S. A., Wulandari, C., & Hartanto, E. 2019. Communication Meaning in The Community Online Mobile Legends Based on Depok Players Realities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6 (10), 43-48.
Valentina, E., & Sari, W. P. 2019. Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Koneksi, 2(2), 300-306
Wibisono, B. 2020. Perilaku Berbahasa Masyarakat pada Era Disrupsi. UNEJ e-Proceeding, 31-41.
Wibowo, A., & Rusdi, F. 2019. Analisis Personal Branding Youtuber Permainan Online: (Studi Fenomenologi Michael Souw). Prologia, 3 (1), 31—38.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.6753
Refbacks
- There are currently no refbacks.
___________________________________________________________________
View My Stats
Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.