Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) penerapan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi kelas VIII SMP Negeri Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi; dan 2) hambatan yang ditemui guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menerapkan asesmen autentik pada pembelajaran teks puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia berupa wawancara, RPP, dan bentuk penilaian. Sumber data penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terkait asesmen autentik bahwa guru telah melaksanakan tiga proses dalam penilaian; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan tiga aspek, meliputi; aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada teks puisi. Penilaian pada aspek sikap menggunakan bentuk observasi (jurnal), tes tertulis dan penugasan untuk menilai aspek pengetahuan, produk berupa karya siswa dan kinerja/praktik untuk menilai aspek keterampilan. Hambatan yang ditemui dalam penerapan asesmen autentik ialah pemahaman guru yang masih kurang tentang penilaian autentik, tidak terlaksananya secara utuh pada penilaian aspek sikap, dukungan orang tua yang kurang, dan keterbatasan waktu dalam penerapan penilaian autentik khususnya pada aspek keterampilan.
Rahmat, H & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: LPPPI
Pangesti, Cita RN & Sufanti, M. (2020). Asesmen Pembelajaran Daring Teks Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 10 (2): 72-88.
Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara
Amelia, Shinta, dkk. 2020. Sistematika Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Daring Dirumah Lewat Televisi Saat Terjadinya Covid-19. Jurnal Wahana Didaktika. 18 (2): 120-131.
Hascan. 2021. Implementasi Asesmen Autentik pada Pendidikan Tingkat Dasar, Menengah dan Tinggi di Indonesia. Jurnal Edukasi Nonformal. 2 (1): 231-240.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.66 tentang Standar penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, A. 2017. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Direktorat Pembinaan SMP. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidikan dan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, M.A. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta.