ANALISIS METODE PEMBELAJARAN SAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD

Alfina Sahbudi, Yunus Abidin, Fully Rakhmayanti

Abstract


Membaca merupakan suatu aktivitas dan kemampuan untuk melihat informasi atau pesan dari sebuah teks bacaan. Membaca sangat penting adanya dalam kehidupan karena akan mempermudah jalannya kehidupan. Membaca merupakan sebuah pondasi awal dari pendidikan, bahkan kelas I SD pun diwajibkan bisa untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis metode SAS dalam proses pembelajaran membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD. Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dnegan metode studi literatur dari berbagai sumber seperti jurnal dan artikel yang berkenaan dengan metode SAS dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD di dua sekolah dasar yaitu SDN 79 Pekanbaru dan SDN 55 Banda Aceh.

Keywords


Metode SAS, Membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Dwimayanti,NK., Kristiantari,MR., & Wiyasa,IKN. Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. Universitar Pendidikan Ganesha, Jurusan PGSD FIP.

Hidayah, N., & Novita. (2016). Peningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS) mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II C semester II di MIN 6 Bandar Lampung T.A. 2015/2016 85. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 85–102.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705

Maulida, N. B., Ajriyah, K. F., & Budiman Yeni, M. A. (2019). Studi Kasus Penanganan Kesulitan Membaca Siswa ABK Kelas 3 SD Negeri Poncol 03 Pekalongan dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 560. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.23035

Surianah. (2021). Penggunaan Metode Sas Dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Lancar Pada Siswa Kelas 1 C Sd Negeri 9 Ampenan. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling (JRbk), 6(1). 1319-13.

Ulfa, A,. Lailatussaadah., Raziah. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Melalui Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik)Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri 55 Banda Aceh.Jurnal Intelektualita, 10(1). 105-118.

Silvia Sandi Wisuda Lubis. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Jurnal Ar-Raniry, c, 96–108. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/3324/2322

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.

Tarigan, G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Sasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1083–1091. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837

Wigati, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Tabung Kata Kelompok B Tk Dharma Wanita Wonokromo Desa Wonokromo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015. Kediri: Universitas Kediri.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.