PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Neneng Sri Mulyati

Abstract


Penelitian ini berjudul “PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B SMP Islam Anak Soleh Berbakti (ASB) Miftahul Ulum Cihaurbeuti Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas? 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan sisiwa menulis puisi bebas setelah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedua rumusan masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik dan instrument pengumpulan datanya meliputi teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik pembelajaran, dan teknik test. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dan hasilnya dideskripsikan. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: (1) Langkah-langkah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis puisi bebas adalah sebagai berikut (Mengamati); (a) guru meminta siswa mengamati tayangan lagu; (b) Guru meminta siswa menentukan konsep, objek,gagasan, kata kunci dari lagu tersebut sebagai bahan penulisan puisi; (Menanya) Guru memberi kesempatan kepada siswa tentang hal-hal yang berhubungan dengan lagu tersebut; (Menalar); (a) Guru meminta siswa mendata gagasan; (b) Guru meminta siswa mendiskusikankonsep gagasan pada lagu tersebut; (Mengasosiasikan); (a) Guru meminta siswa menganalisis gagasan secara tepat; (b) Guru meinta siswa mengonsep gagasan menjadi kerangka puisi; (Mengomunikasikan); (a) Guru meminta siswa menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai berdasarkan objek, gagasan dari lagu tersebut; (b) Guru meminta siswa menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulisnya. (2) Peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai dengan menggunakan media audio visual dapat dilihat dari (1) Menentukan objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi; (2) Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai; (3) Menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat dalam puisi yang ditulisnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya perolehan nilai siswa pada siklus I dengan rata-rata adalah 69,5 , sedangkan pada siklus II adalah 83,5. Selisih perolehan nilai pada siklus I dan siklus II adalah 13. Pencapaian kemampuan pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I. 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v1i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.