ANALISIS PSIKOLOGI SOSIAL DALAM NOVEL MERAJUT RAHMAT CINTA KARYA HASYIM ELHANAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN DI SMA

Firdha Rachmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur struktural yang membangun novel Merajut Rahmat Cinta karya Hasyim Elhanan, psikologi tokoh dalam novel Merajut Rahmat Cinta karya Hasyim Elhanan, serta relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunkaan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan psikologi sosial. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, unsur-unsur struktural yang membangun meliputi tema percintaan, latar di pondok pesantren, alur maju, amanat yang disampaikan bahwa setiap manusia harus ikhlas dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani kehidupan, kemudian cinta yang hakiki adalah cinta yang didasari atas kecintaan kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, aspek psikologi sosial tampak dari perilaku berkondisi dan perilaku tak berkondisi. Ketiga, novel Merajut Rahmat Cinta karya Hasyim Elhanan memiliki kesesuaian dengan konsep pemelajaran sastra karena terdapat nilai-nilai edukatif, sehingga novel Merajut Rahmat Cinta karya Hasyim Elhanan dapat digunakan sebagai bahan pemelajaran apresiasi sastra di SMA.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.