Analisis Dimensi Kognitif pada Soal HOTS (Hight Order Thinkig Skills) dalam Buku Ajar Cerdas Berbahasa Indonesia Kelas XII

Novia Rahmawati, Nur Amalia

Abstract


Kurikulum 2013 para siswa diarahkan untuk berpikir kritis, seperti halnya yang tedapat dalam kurikulum 2013 yang memuat soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal HOTS menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar menerapkan soal tersebut kepada siswa, dengan adanya penelitian yang berkaitan dengan soal HOTS akan memperkaya referensi guru dalam merencanakan soal-soal HOTS. Penelitian menganalisis soal-soal HOTS berdasarkan teori taksonomi Bloom Revisi Anderson dan Krathwohl serta dimensi kognitif dalam buku Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XII Kelompok Wajib Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Penelitian ini berfokus pada soal-soal HOTS yang sesuai dengan dimensi kognitif meliputi kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Hasil dan pembahasan yang telah dianalisis oleh peneliti, ialah hampir setengah dari soal yang ada pada buku tersebut mengandung soal HOTS dengan tingkatan yang terbagi menjadi tiga yaitu, menganalisis dengan soal yang lebih dominan pada aspek membedakan, kemudian mengevaluasi dengan dominan pada aspek memeriksa dan mencipta lebih dominan pada aspek memproduksi.

Keywords


Kurikulum 2013, Soal HOTS, Taksonomi Bloom, Dimensi Kognitif

Full Text:

PDF

References


Kosasih, E. 2016 Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XII Kelompok Wajib Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Edisi Revisi. ERLANGGA. Jakarta

Fanani, Moh.Z. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education. 2(1): 57-76.

Hasibuan, F.H. and Wuriyani, E.P. 2022 Analisis Soal Materi pada Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Bilah Hulu. KODE: Jurnal Bahasa. (11):167–178.

Huda, M. et al. 2021. Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan KEMENDIKBUD RI. PRASI. 16 (02): 128-143

Hudiyono, Y. and Ilyas, M. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK. Diglosia (Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1): 102–113.

Inderasari, E. et al. 2019. Higher Order Thinking Skill Taksonomi pada Analisis Kebahasaan Butir Soal Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMA / MA. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V. 5(1): 110–114.

Puspita Wardani, O. 2017. Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks SMA Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan bahasa Indonesia. 5(2): 75-82

Rihanah, A. and Irma, C.N. 2022. Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1): 32–42.

Rosdiana, R. et al. 2022. Penerapan HOTS pada Soal-soal Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 8(2): 1065–1074.

Sabir, A., Mayong and Usman. 2021. Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berdasarkan Dimensi Kognitif. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3): 117–127.

Setyo Aji, U. 2020. Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Elementary Islamic Teacher Journal. 8: 337–395.

Tyas, M.A., Nurkamto, J. and Marmanto, S. 2020. Membuat Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di Kelas EFL : Peran Guru dan Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Daring Internasional (IOJET). 7(1): 267-276

Wirandani, T., Cendra Kasih, A. and Siliwangi, I. 2019. Analisi Butir Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Soal Ujian Sekolah Kelas XII maya Pelajaran Bahsa Indonesia di SMK AN-Nahl. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(4); 485-494

Setiawati, S. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2

Sumandi, F.N. 2020. Analisis Soal Tipe HOTS (Heigher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Naskah Soal Penialian Akhir Semester Ganjil Kelas IV MI MA’ARIF LOR Kota Salatiga Tahun pelajaran 2019/2020. Skipsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.