Kecepatan Efektif Membaca (KEM) di Sekolah Dasar

Neneng Anggraeni, Suharmono Kasiyun, Syamsul Ghufron, Rudi Umar Susanto

Abstract


Kecepatan Efektif Membaca (KEM) merupakan perpaduan antara keterampilan gerak mata dengan kemampuan kognitif saat membaca. KEM juga dapat diartikan sebagai kombinasi membaca dengan kecepatan rata-rata dan ketepatan dalam memahami apa yang sedang dibaca. Peserta didik harus memiliki KEM yang tinggi agar dapat memahami isi bacaan dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature atau merangkum hasil penelitian tentang Kecepatan Efektif Membaca (KEM) di Sekolah Dasar tahun 2022 berdasarkan pokok bahasan, metode, dan hasil penelitian. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mereview semua artikel terkait Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dalam kurun waktu 2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 6 artikel jurnal yang diperoleh dari Google Schoolar. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa Kecepatan Efektif Membaca (KEM) sebagai tes untuk tolok ukur keefektifan dalam membaca, sehingga dengan mengetahui hasil tes KEM , maka dapat sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran literasi berikutnya.

Keywords


Kecepatan Efektif Membaca, Pembelajaran literasi, Systematic Literature Review

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.