Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi melalui Pendekatan Proses

Apriyawanto Apriyawanto, Widya Pratiwi, Sulfiana Ayu, Wahyuddin Rauf

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa mengapresisasi puisi melalui strategi pendekatan proses di SD Inpres Padaelo Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, penerapan, serta penilaian yang bersumber dari guru, siswa, serta proses pendidikan. Informasi dikumpulkan lewat observasi, analisis dokumentasi, serta wawancara dalam 2 siklus. Informasi yang diperoleh ditelaah serta direduksi bersumber pada permasalahan diiringi penyajian informasi serta diakhiri sesuatu kesimpulan.  Hasil belajar siswa terkait dengan kemampuan mengapresiasi puisi dapat ditingkatkan dengan penggunaan strategi pendekatan proses. Perihal tersebut sejalan dengan hasil belajar siswa dimana nilai rata- rata hasil belajar yang dicapai pada siklus pertama pada evaluasi pertama ialah 71,30. Sebaliknya pada evaluasi kedua 72,50.  Pada siklus pertama, masih terdapat 10 orang siswa mendapatkan nilai di bawah KKM 70 sehingga persentase ketuntasan hanya 67%. Oleh sebab itu, Tindakan dilakukan pada siklus berikutnya.  Pada siklus  kedua, nilai  rata-rata   hasil  belajar  yang  dicapai pada evaluasi pertama yaitu  76,44 ,   sedangkan   pada evaluasi ke kedua, yaitu 78,13,.  Pada siklus kedua, tingkat persentasi ketuntasan sebesar 80%. Hasil observasi yang telah dilakukan pada siklus 1 terdapat aspek mendapat penilaian C. yang setelah itu pada siklus kedua seluruh aspek mencapai hasil optimal.

Keywords


Peningkatan kemampuan, mengapresiasi puisi, pendekatan proses

Full Text:

PDF

References


Afflerbach, P., Pearson, P. D. dan Paris, S. (2017) “Skills and strategies: Their differences, their relationships, and why they matter,” Improving reading comprehension through metacognitive reading strategies instruction, hal. 33–50.

Aida Azizah (2015) “Pembelajaran Menulis Puisi Dan Menanfaatkan Teknik Brainwriting pada Peserta Sisik SD/MI kela v,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II(2), hal. 136–140.

Aziz, dan A. S. S. (2011) Apresiasi dan Kajian Puisi. Surabaya: CV. Bintang.

Baharun, H. dan Ummah, R. (2018) “Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model,” Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), hal. 21. doi:10.24042/tadris.v3i1.2205.

Cedeño, C. H. C. (2019) “Intensive reading with literature text in the EFL classroom for developing the Intercultural Competence,” ECOS DE LA ACADEMIA, 5(10), hal. 63–70.

Fadhillah, N. (2019) “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak,” Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8, hal. 235–245.

Kelman, H. C. (2018) “Language as aid and barrier to involvement in the national system,” Advances in the Sociology of Language, 2, hal. 185–212. doi: 10.2307/j.ctv9zckn9.6.

Korompot, C. A. dan Jabu, B. (2019) “Intensive and Extensive Speaking : Approaches to Systematizing The Speaking Skills Courses for Undergraduate ELE Students,” Lingua, 20(1), hal. 19–29.

Miles, M. B., Huberman, A. M. dan Saldaña, J. (2018) Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. The Fourth. London: SAGE Publications.

Pal Singh, B. (2018) “Sikhs of Nagaon in Assam (India): Dilemmas of language and religion*,” Sikh Formations: Religion, Culture, Theory, 14(2), hal. 117–134. doi: 10.1080/17448727.2017.1358020.

Rong-gen, Z. (2019) “Enhancing the Students’ Rhetoric Attainments in Teaching of College English Intensive Reading,” Sino-US English Teaching, 16(7), hal. 300–305. doi: 10.17265/1539-8072/2019.07.003.

Ros-Morente, A. et al. (2017) “An examination of the relationship between emotional intelligence, positive affect and character strengths and virtues.,” Anales de Psicología, 34(1), hal. 63. doi: 10.6018/analesps.34.1.262891.

Wicaksana, M., Helmi dan Roekhan (2018) “Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), hal. 1–6.

Zhou, Y. dan Wei, M. (2018) “Strategies in Technology-Enhanced Language Learning.,” Studies in Second Language Learning and Teaching, 8(2), hal. 471–495.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.