MENUMBUHKAN KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK KATA PADA SISWA TPQ MDTU AL-HAYARI

Siska Purwanti, Dellya Putri Apriliany, Uah Maspuroh

Abstract


Penelitian ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesantunan berbahasa anak dengan menggunakan media kreatif yaitu media kotak kata. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan terhadap siswa TPQ Al-Hayari dan dalam rangka pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, di mana penyajian data lebih menekankan pada pemahaman fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Dengan kata lain, penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan bukan penelitian komputasional atau ilmiah yang menekankan ciri-ciri alami dari sumber data. Dari penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kesantunan berbahasa anak meningkat dengan menggunakan sarana kreatif yaitu dari kota. Hasil penggunaan media ini terlihat dari antusiasme siswa pada saat kegiatan pengembangan bahasa Indonesia dilaksanakan. Selanjutnya penelitian yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi guru sebagai salah satu penilaian pembelajaran khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Keywords


Pembinaan bahasa, Kesantunan berbahasa, Kotak kata

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer, Kesantunan Berbahasa, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010) Jayanti, R. (2019). Teori Belajar Bahasa. Penerbit Qiara Media.

Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 8-13.

Maryam, S., & Hasanah, A. (2021). KREATIVITAS MAHASISWA DALAM KEGIATAN PEMBINAAN BAHASA KEPADA SISWA SEKOLAH DASAR DI CIANJUR.Semantik , 10 (1), 1-10.

Azis, A. (2016). Pembinaan Bahasa Indonesia.

Maryam, S., Al Mauludi, MA, Martiadi, MD, Baskoro, F., Miftahulfalah, A., & Munawar, CM (2020). Pembinaan literasi dan bahasa santun melalui tujuh pilar budaya Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17) E-ISSN , 2407 , 7100.

Pramesti, UD (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca melalui teka-teki silang (Penelitian tindakan di kelas VI SDN Surakarta 2, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat). Puitika , 11 (1), 82-93.

Puspitasari, A. (2017). Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Tamaddun , 16 (2), 81-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v7i1.9891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

jurnal literasiHasil gambar untuk garuda ristekSee the source image

___________________________________________________________________

View My Stats


        Lisensi Creative Commons

Jurnal Literasi at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.