STRATEGI PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK KURSI PINGUIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA IKM ALDO MEBEL DI PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS

Eky Aristriyana

Sari


Pengendalian mutu suatu produk yang dihasilkan suatu perusahaan sangat diperlukan karena itu juga kita dapat memantau jumlah cacat barang yang dihasilkan apakah layak atau tidak barang itu dijual karena kualitas barang menentukan pendapatan suatu perusahaan. Karena itulah perusahaan selalu menjaga kualitas barang yang di produksi agar sesuai dengan standar dengan memantau jumlah barang yang cacat secara berkala. Dalam suatu produksi terdapat pula variasi yang dihasilkan, variasi tersebut bisa artikan ketidakseragaman dalam sistem produksi hingga menimbulkan perbedaan kualitas pada output yang dihasilkan.Dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui metode SPC (Statistical Process Control) serta memahami penggunaan peta kendali khususna peta kendali C, memahami diagram pareto, diagram fishbone dan 5W+1H. Diagram pareto digunakan untuk menentukan kecacatan yang dominan dari suatu produk, peta kendali C digunakan untuk mengetahui faktor terbesar apa yang menyebabkan cacat dan mengetahui jenis cacat yang terbesar dari produk, diagram sebab-akibat/Fishbone digunakan untuk mengetahui akar penyebab kecacatan tersebut. 5W+1H digunakan untuk menganalisa penyebab yang dihasilkan di diagram sebab-akibat.Dari perhitungan tersebut dapat diketahui jenis cacat terbanyak yang terjadi adalah jenis cacat B yakni jahitan kurang rapih dengan frekuansi 24, jenis cacat D yakni kain penutup kurang rapih dengan frekuansi 20, cacat C yakni kain sobek dengan frekuensi 18,cacat A yakni gores kayu dengan frekuansi 16 dan cacat E yakni karet ban kurang kencang dengan frekuensi 15. Setelah mengurutkan jenis cacat berdasarkan jumlah cacat lalu dihitung presentase jumlah cacat dan dikumulatifkan, dari jumlah kumulatif tersebut didapatkan bahwa 80% cacat berada pada kelima jenis cacat, yakni pada jenis cacat B, D, C, A dan E.

Kata Kunci


Pengendalian Kualitas, Kecacatan, SPC (Statistical Process Control)

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


C. Montgomery, Douglas. Pengentar Pengendalian Kualitas Statistik. Yogyakarta. Penerbit: Universitas Gadjah Mada

L. Grant, Eugene. Edisi Keenam Jilid 1. Pengendalian Mutu Statistik. Jakarta. Penerbit : Erlangga

Tjiptono, Fandy. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta. Penerbit : C.V ANDI OFFSET

Jurnal Kunto, Sondang, Yohanes. Analisis Chaid Sebagai Alat Bantu Statistika Untuk Segmentasi Pasar. Surabaya. Penerbit : Universitas Kristen Petra

Jurnal Kartika, Hayu. Analisis Pengendalian Kualitas Produk CPE Film dengan Metode (SPC) Statistical Process Controlpada PT. MSI. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Jurnal Suryanto, Mas. Pengendalian Mutu Produk Precast dengan Menggunakan Statistical Process Controldi PT. Waskita Precast Plant Sidoarjo. Surabaya : Universitas Negri Surabaya.

Jurnal Hilmawan, Aldik. Pengendalian Kualitas Statistical Process ControlProduk Gendeng di UKM Super Soka Jepara. Semarang : Universitas Dian Nuswanto.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324