ANALISA KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP KUALITAS JASA PERPUSTAKAAN KOTA X DENGAN METODE SERVICE QUALITY

Gilang Hamzah Akbar

Sari


Peranan perpustakaan dinilai ikut menentukan mutu pendidikan di suatu lembaga pendidikan maupun pemerintahan. Dimana perpustakaan memegang peranan penting dalam pemanfaatan dan pengembangan sumber-sumber intelektual. Sebagai salah satu organisasi usaha di bidang jasa yang berorientasi non profit, kualitas jasa yang diberikan pihak pengelola perputakaan merupakan hal penting untuk diperhatikan terkait dengan tingkat kepuasan pengunjungnya. Dengan tercapainya kepuasan pengunjung, maka diharapkan fungsi dan tujuan perpustakaan tersebut dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode service quality untuk menganalisa kepuasan pengunjung Perpustakaan Kota X, dimana 30 responden diminta memberikan tanggapan yang bersifat kualitatif untuk dikuantitatifkan dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh usulan perbaikan terhadap pelayanan di Perpustakaan tersebut sesuai dengan prioritasnya yakni dimensi Reliability, Responsiveness, Tangible, Empathy, dan Assurance.

Kata Kunci


perpustakaan, kepuasan pengunjung, service quality, skala likert

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Indriwinangsih, Lira & Sudaryanto, 2007, Pengukuran Kualitas Pelayanan Kartu Pra Bayar Pro XL di Wilayah Depok. UG Jurnal Manajemen dan Pemasaran, Vol. 1 No. 7, Jakarta.

Irawan, H., 2002, Prinsip Kepuasan Pelanggan, Penerbit: Elex Media Komputindo, Jakarta.

Juniarsa, Y., 2008, Aplikasi Fuzzy – Servqual untuk Identifikasi Preferensi Kepuasan Nasabah pada Asuransi Bringin Life SCO (Service Center Office) Jakarta, Thesis Magister Management Universitas Gunadarma.

Mulyadin, D., 2007, Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Pada PT. BNI ’46 Cabang X. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.1 No.1, Jakarta.

Suwarno, W., 2010, Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan, Ar-ruz Media, Yogyakarta.

Tjiptono, F., 2005, Service Quality and Satisfaction, Penerbit: ANDI, Yogyakarta.

Zeitmal, V.A., dan Bitner, M.J., 2000, Service Marketing: Interatiny Customer Focus Aross, The Firm, 2 Edition, McGraw Hill, New York.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324