EVALUASI SALURAN DRAINASE DI JALAN SILIWANGI KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS

Yanti Defiana

Sari


Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk merencanakan jenis, bentuk dan dimensi saluran drainase di Ruas Jalan Siliwangi Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy dan data primer diperoleh dari survey langsung di lapangan. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan metode rasional untuk menghitung debit saluran. Dari hasil analisis didapat jenis saluran yang sesuai yaitu saluran tertutup dengan bentuk persegi empat. Perhitungan curah hujan harian maksimum menggunakan metode Log Normal sesuai syarat distribusi sehingga didapat curah hujan harian maksimum pada periode ulang 10 tahun sebesar 133,999 atau 134,00 mm/hari. Nilai koefisien pengaliran rata-rata (C)= 0,62. Nilai Debit Rencana (Q) = 0,709 /dt dengan Catchment Area Seluas 52.060 . Sehingga dimensi saluran drainase untuk Jalan Siliwangi Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dengan panjang jalan 1,37 km adalah Lebar (b) = 0,96 m, tinggi muka air (h) = 0,48 dan tinggi jagaan (w) = 0,49 m.

Kata Kunci


Evaluasi, Saluran Drainase, Debit Rencana (Q).

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Emiliawati, Anna. 2011. Analisis Kapasitas Saluran Drainase Jalan Raya (Studi Kasus Jalan Colombo, Yogyakarta). Yogyakarta.

Hidayat, Taufik. 2010. Tinjauan Perencanaan Saluran Drainase Jalan Jati Kelurahan Tangkerang Utara Kota Pekanbaru. Riau.

Qurniawan, Andy Yarzis. 2009. Perencanaan Sistem Drainase Perumahan Josroyo Permai RW 11 Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar. Surakarta.

SNI 1990.Tata Cara Perencanaan Umum Drainase Perkotaan. Jakarta.

SNI 1994. Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan. Jakarta.

Sudrajat, Aris. Analisis Drainase Perkotaan Wilayah Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Segmen Jalan Ir. H. Juanda). Ciamis.

Sugiyanto, Ardhian Prahananto. 2012. Perencanaan Drainase Kawasan Puri Anjasmoro Kota Semarang. Semarang.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Penerbit Andi Yogykarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324