MODEL SIMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) ANYAMAN BAMBU DI KABUPATEN CIAMIS

Maman Hilman

Sari


Industri Kecil Menengah (IKM) Anyaman Bambu di Kabupaten Ciamis memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, namun kenyataannya perkembangan IKM Anyaman Bambu saat ini masih dikatakan belum baik. Hal ini dapat dilihat dari kemajuan IKM yang rendah dan bahkan banyak yang stagnan.Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimana bentuk kompleksitas masalah yang ada pada Industri Kecil Menengah Anyaman Bambu di Kabupaten Ciamis, Hambatan-hambatan apa saja yang mempengaruhi perkembangan Industri Kecil Menengah Anyaman Bambu di Kabupaten Ciamis, dan Upaya apa yang dilakukan untuk pengembangan IKM Anyaman Bambu di Kabupaten Ciamis”. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode Sistem Dinamik. Sistem Dinamik adalah metode yang tepat digunakan kondisi perkembangan IKM yang tidak pasti dan berubah-ubah.Hasil rancangan menunjukkan Model Pengembangan IKM Anyaman Bambu Kabupaten Ciamis terdiri dari 4 sub system IKM Anyaman Bambu, yaitu : Sub Sistem Pasar, Sub Sistem Konsumen, Sub Sistem Jumlah Produksi, dan Sub Sistem Sumber Daya Manusia. Hasil ini menjadi landasan bagi pengambil kebijakan dalam menentukan strategi pengembangan IKM Anyaman Bambu di Kabupaten Ciamis dengan tepat dalam kondisi yang sederhana.

Kata Kunci


IKM Anyaman Bambu, Sub Sistem.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Chekland P., 1989, Soft System Methodology. In Rational Analysis for a Problematic Word Problem Structuring Methods for Complexity, Uncertainly and Conflit (J. Rosenhead, eds). John Wiley & Sons, Chichester.

Coyle, R.G. 1996. System Dynamic Modelling : A Practical Approach. Chapman & Hall, United Kingdom.

De Geus A. P., 1994. Modelling to Predict or to Learn. In Modelling for Learning Organization (J.W.D. Morecroft and J.D. Stern eds). Productivity Press,Protland. Oregon.

Hemmati M., 2002. Multi Stakeholder Process for Governance and Sustainabiity : Beyod Deadlock and conflict. Eartscan Pub, London.

Ingles A. W., A. Musch and H. Qwist-Hoffmann. 1999. The Participation Process for Supporting Collaborative Management of Natural Resources. FAO, Rome.

Lane D.C., 1994. Modeling as Learning : A Consultancy Methodology for Enhancing Learning in Management Teams. In Modeling for Learning Organization (J.W.D. Morecroft and J.D. Stern eds). Productivity Press, Portland, Oregon.

Lee K.N., 1993. Compass and Gyroscope: Integrating Science and Politics for The Environment. Island Press, Washington D.C.

Mohamadi dkk, 2003. Analisa Sistem Dinamik, Muhamadiah Press, Jakarta.

Muhammad, S. 2002. Manajemen Strategik konsep dan Kasus, Edisi ketiga, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Muhammadi, E. Aminullah, dan B. Soesilo, 2001. Analisis Sistem Dinamis Lingkungan Hidup, Sosial, Ekonomi, Manajemen. UMJ Press, Jakarta.

Painch M., and R. Hinton 1998. Simulation Models: a Tool for Rigorous Scenario Analysis. In (L. Fahey and R.M. Randall, eds). Learning from the future : Competitive Foreight Scenarios. John Wiley & Sons, Inc., New York. pp. 157-174.

Steerman, 2002. Business Dynamic, john Wiley.

Simatupang, Togar, 2000. Pemodelan Sistem, Andy Offset, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324