PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGUNAKAN STATISTICAL PROSES CONTROL PADA SANDAL HOTEL PT.XYZ

Maria Nurhayaty

Sari


Salah satu strategi perusahaan untuk mendapatkan keunggulan bersaing adalah dengan terus-menerus meningkatkan kualitas produknya, Kualitas produk merupakan faktor utama yang harus dijaga oleh produsen untuk mempertahankan konsumennya dalam rangka menjaga kualias pada proses produksi, sebaik dan sehati-hati apapun proses produksi yang dijalankan akan selalu terdapat variabilitas terhadap hasil produksi. Grafik pengendali yang dapat digunakan yaitu grafik pengendali untuk rata-rata ( ̅X control chart), dan untuk jarak (r control chart). PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi sandal hotel dengan ukuran panjang sandal yang sama, PT. XYZ. Dalam penelitian ini  grafik peta kendali  menunjukkan masih banyak titik-titik yang berada diluar batas kendali dan titik tersebut berfluktiasi sangat tinggi dan tidak beraturan. Dan hasil kapabilitas Cp<1.

Kata Kunci


Statistical Process Control, Control Chart, Process Capability

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Montgomery, D.C. 2009. Introduction to Statistical Quality Control. 6th edition. New York: Jhon Wiley and Sons.

Arinda, A. Mustafid dan Mukid, M.A. 2016. Penerapan Diagram Kontrol Multivariate Exponentially Weighted Moving Average (MEWMA) pada Pengendalian Karakteristik Kualitas Air. Jurnal Gaussian. Vol 5, No 1.

Kotler, P. and Amstrong, G. 2010. Principles of Marketing, 14thedition. Prentice Hall. New Jersey.Heizer, Jay., Render, Barry. 2006. Manajemen Operasi. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ariani, W, Dorothea. 2004. Pengendalian Kualitas Statistik: Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas. PT. Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324