ANALISIS PENGUJIAN PENGUKURAN KETELITIAN MESIN DRILLING (BOR) SMK SWASTA DI KABUPATEN CIAMIS

Slamet Riyadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelayakan operasional suatu mesin drilling melalui pengujian ketelitian dan karakteristik berdasarkan Metode Schlesinger, dengan mengambil objek pada mesin drilling  yang ada di Laboratorium SMK Swasta dikabputen Ciamis. Hasil pemesinan mesin drilling sangat berpengaruh terhadap ketelitian kerja mesin sehingga sangat diperlukan pengecekan pada bagian- bagian mesin agar ketelitian pada mesin drilling kembali normal dengan kata lain kembali ke standar semula. Dengan melakukan pengetesan atau pengujian komponen mesin drilling dapat dilihat tingkat ketelitian dan keakurasian pada mesin tersebut apakah masih dalam keadaan yang baik atau telah melewati batas standar yang telah ditentukan. Maka perlu dilakukan pengecekan pada komponen-komponen mesin yang ada di SMK Swasta dikabupaten Ciamis. Pengujian meliputi pengukuran run out pada spindel mesin drilling, pada pengujian run out ini alat ukur yang digunakan adalah dial indicator. Beberapa pengukuran yang dilakukan disebabkan keterbatasan alat bantu ukur yang dapat menunjang pelaksanaan pengukuran lainnya. Nilai penyimpangan hasil pengujian yang diperoleh dari pengujian akan dibandingkan dengan nilai penyimpangan yang diijinkan berdasarkan Metode Schlesinger. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mesin drilling yang ada di Laboratotorium  SMK Swasta dikabupaten Ciamis layak digunakan sesuai dengan standar toleransi 0.3 mm dengan menggunakan Metode Schlesinger, dengan kata lain memiliki ketelitian yang presisi.

Kata Kunci


Keandalan, Ketelitian , Toleransi, Mesin drilling, Schlesinger.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Arifin, S. 1993, Alat Ukur dan Mesin Perkakas. Ghalia Indonesia, Jakarta. Bagiasna, K. 2000, Pengantar Pengetesan Ketelitian Geometrik Mesin Perkakas. Teknik Produksi Mesin Institut Teknologi Bandung.

Poeng, R. 2003, Laporan Praktikum Pengetesan Mesin Perkakas. Teknik Produksi Mesin Institut Teknologi Bandung.

Rochim, T. 1985. Proses Pemesinan, Laboratorium Teknik Produksi Mesin Institut Teknologi Bandung.

Dr. George Schlesinger ,”Testing Machine Tools”, for the use Tool Makers, Users, Inspectors and Plant Engineers.

Tolosi, K. 2013, Analisis Ketelitian Geometrik Mesin Frais Horisontal Kuzman UF6N di Laboratorium Manufaktur Teknik Mesin Unsrat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324