PENGOPTIMALAN PRODUKSI PRODUK PADA PERUSAHAAN CV. SANDY PERSADA DI KOTA BANJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LARGEST CANDIDATE RULES

Rahmat Hermawan

Sari


Produktivitas merupakan salah satu tuntutan yang harus dipenuhi perusahaan, terlebih dalam era persaingan yang ketat,salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur adalah CV. Sandy Persada, lintasan produksipada perusahaan ini belumberjalan secara optimal, hal ini terjadikarena belum adanya pemerataan beban kerja dalam lintasan produksi. Maka dilakukanpenelitian ini untuk mengoptimalkan beban kerja dan juga pemerataan beban kerja pada lintasan produksi. Rumusan masalah dalam penelitian : Bagaimana pengoptimalan produksi produk barcore pada CV. Sandi Persada, dan Bagaimana pengoptimalan produksi produk barecore dengan menggunakan metode Largest Candidate Rule pada CV. Sandy Persada.Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah : (1) waktu baku yang diperoleh pada keseluruhan stasiun kerja adalah sebesar 4.79 menit. (2) tagtime untuk produksi pada lintasan produksi adalah sebesar0.59 menit, (3) target optimal produksi perhari adalah sebesar 991 unit, (4) jumlah optimal operator untuk satu lintasan produksi adalah sebanyak 17 orang.

Kata Kunci


Pengoptimalan Produksi, Largest Candidate Rules

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Ginting, Rosani (2007). Sistem Produksi. Edisi pertama- yogyakarta; graha ilmu 2007

Hilman, M. (2019). Optimasi Produk Produk Makanan Pada UKM Makanan Di Kabupaten Ciamis Dengan Metode Linier Programing

Sutalaksana, I.Z., Anggawisastra, R., Tjakraatmadja, J.H. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja, Edisi Kedua, ITB, Bandung.

Wignjoesoebroto. (2003). ”Ergonomi Studi Gerak dan Waktu”. Surabaya : Guna Widya.

Wignjosoebroto, S. (2008). Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Guna Widya, Surabaya.

Yanto, Billy Ngaliman. (2017) “ERGONOMI Dasar-Dasar Studi Waktu dan Gerakan Untuk Analisis dan Perbaikan Sistem Kerja”. Yogyakarta : Andy


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324