USULAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVINGS UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI PADA IKM NUGRAHA DI KECAMATAN CIHAURBEUTI

Rizal Zamah Syarie

Sari


IKM NUGRAHA merupakan IKM penghasil produk makanan ringan olahan di Cihaurbeuti, Ciamis yang menerapkan model distribusi secara langsung dengan konsep satu mobil untuk satu toko, kirim satu hari setelah order. Rute distribusi tidak dikelola karena satu mobil hanya mengunjungi satu toko – tidak terjadi penggabungan kedalam satu rute. nKonsep yang diterapkan dinilai kurang efisien, sehingga biaya distribusi produk cukup besar. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak diberlakukan pengelolaan rute distribusi dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai usulan rute distribusi produk yang mampu meminimumkan biaya distribusi di IKM NUGRAHA.Permasalahan yang dipecahkan dalam penelitian ini meliputi bagaimana rute distribusi produk yang diterapkan oleh IKM NUGRAHA sekarang, serta bagaimana usulan rute yang mampu meminimumkan biaya distribusi IKM NUGRAHA. Dalam penentuan rute distribusi  yang dikenal dengan Vehicle Routing Problem, digunakan metode Algoritma Clarke And Wright Saving.Berdasarkan hasil penelitian, didapat perbandingan biaya distribusi selama satu bulan antara rute distribusi sekarang yang menghabiskan jarak tempuh 6.328 Km, dengan konsumsi BBM sebanyak 734 liter, atau senilai Rp. 4.602.787. dan rute distribusi usulan yang menghabiskan jarak tempuh 4.011 Km, dengan konsumsi BBM 538,69 liter, atau senilai Rp. 2.974.378,55. Penghematan yang dicapai oleh rute distribusi usulan adalah jarak tempuh 2.317 Km, konsumsi BBM 195,31 liter, atau senilai Rp.1.628.408,45. Hasil tersebut menunjukan bahwa usulan rute distribusi produk dengan menggunakan metode Algoritma Clarke And Wright Saving mampu meminimumkan biaya distribusi produk IKM NUGRAHA.

Kata Kunci


IKM, Rute Distribusi, Vehicle Routing Problem, Algoritma Clarke And Wright Saving.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Efendi, Ahmad. 2015. Analisis Rute Distribusi Penyaluran Aqua Galon Pada Area Bandung di PD. AUREL. Jurnal Media TEknologi vol. 02 Fakultas Teknik Universitas Galuh.

Hilman, M. (2018). Usulan Rute Distribusi Produk Makanan Ringan Guna Meminimumkan Biaya Distribusi Pada IKM P. MADANI DI Cikoneng Dengan Metode Algoritma Clarke And Wright Savings. PROCEEDING STIMA, 1 (1).

Irman Ade SM, Ratna Ekawati, Nuzulia Febriana. (2017). Optimalisasi Rute Distribusi Air Minum Quelle Dengan Algoritma Clarke And Wright Savings Dan Model Vehicle Routing Problem. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Untirta.

Pujiawan, I N dan R., Mahendrawathi E. 2010. Supply Chain Mnangement Edisi Kedua. Penerbit Guna Widya, Surabaya.

Pujiawan, I N dan R., Mahendrawathi E. 2017. Supply Chain Mnangement Edisi Ketiga. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Rahmawati, Puji. 2014. Penentuan Rute Distribusi Gas LPG di PT. Wina Putra Jaya Dengan Menggunakan Algoritma Clarke And Wright Savings. Universitas Negri Yogyakarta, Yogyakarta.

Siagian, Y.M. 2007. Aplikasi Supply Chain Mnangement Dalam Dunia Bisnis. Penerbit PT. Grasindo. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324