PERANCANGAN MESIN PENGGILING KARET DARI LATEKS MENJADI SHEET SKALA HOME INDUSTRY

Alissa Mutiara Dewi, Heris Syamsuri

Sari


Getah karet termasuk material yang dipergunakan untuk berbagai bahan komponen otomotif, proses pengolahan karet dilakukan menggunakan mesin penggiling lateks karet, hasil gilingan terbaik tergantung dari jarak roll pada mesin dengan kapasitas mesin. Perancangan ini bertujan untuk memperoleh rancangan desain penggiling karet dari lateks menjadi sheet. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah studi pustaka, studi lapangan. Adapn alat bantu yan digunakan pda proses perancangan mesin penggiling karet ini memakai software soliwork. Alat pengiling karet dapat memproduksi karet dari bentuk l lateks menjadi sheet sesuai dengan target, manfaat dan pengaruh bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sesuai dengan tujuan. Alat penggiling karet bersifat (fortable) agar mudahkan dipindahkan berdasarkan tektur karet sangat mudah mengeras sehingga dapat di bawa ke kebun karet secara langsung.

Kata Kunci


perancangan pengiling karet, desian, software

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Sarjito, S. (2008). STUDI PENYUSUTAN DIMENSI HASIL PRES MOLD KARET ALAM UNTUK KOMPONEN SEPEDA MOTOR(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fitri, M., Ernita, T., & Azizah, F. (2018). PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENGURANGI WASTE PADA LANTAI PRODUKSI CRUMB RUBBER DI PT DJAMBI WARAS JUJUHAN. SAINTEK: Jurnal ilmiah Sains dan Teknologi Industri, 2(1), 1-9.

Sisti, D. K., Aji, J. M. M., & Hani, E. S. (2018). Kelayakan dan Pengembangan Pabrik Karet PTPN VII Padang Pelawi Bengkulu. Agriekonomika, 7(1), 19-29.

Azizah, N. (2018). Formulasi Asap Cair Tempurung Kelapa dan Asam Formiat sebagai Bahan Koagulan Lateks terhadap Mutu Bahan Olahan Karet.

Dr. –Ing. Yamin, Mohamad. Dan Purwoko, Widyo. Perencanaan Gear box dan analisis statik rangka conveyor menggunakan sofware catia V5. Teknik Mesin Universitas Gunadarma. (hal 12).

Azizah, Alwi, Fitri. Dkk. Analisis Kelayakan Teknis Dan Finansial Pada Industri Pengolahan Karet Skala Kecil Di Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan. Universitas Brawijaya. (hal 2).

Daulay, Bahri, Saipul. Dkk. Sistem Informasi Pengolahan Karet Remah (Crumb Rubber). Tanjung Keliling. (hal 1 dan 2).

Adiputra, Rizal. Dan Ahmad Hamid. Uji Kinerja Mesin Penggiling Karet Remah (Crepe Mangel) Pada Pabrik Pengolahan Karet PTPN. Jember. (hal 1)

Jihadijaya, Nurul, Yoda. Perancangan Mesin Baling Press Untuk Pengolahan Karet Sir-20. POLMAN Bandung. (hal 2 dan 3).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324