PERANCANGAN PEMANAS AIR TENAGA SURYA PASIF KAPASITAS 20 LITER

Anjas Putra Junianto, Slamet Riyadi

Sari


Air merupakan kebutuhan pokok semua mahluk hidup. mengkonsumsi air minum dengan cara direbus sampai mendidih dengan api bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada dalam air. Meningkatnya permintaan masyarakat akan air minum isi ulang yang hemat dan praktis diimbangi dengan banyaknya usaha depot air minum isi ulang yang bermunculan. Salah satu usaha air minum yang berbeda terdapat di Dusun Ciopat RT 02 RW 14, Desa Madura Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, perbedaan usaha air minum ini dibanding usaha air minum isi ulang biasa, airnya dimasak terlebih dahulu sampai mendidih (100°celcius) kemudian didinginkan dan di filtrasi untuk didistribusikan kepada konsumen. Kelemahan usaha ini adalah terletak pada bahan baku untuk memasak air yang relatif mahal, yaitu menggunakan gas. Meninjau dari permasalahan tersebut penulis akan merancang sebuah alat pemanas air tenaga surya pasif agar bisa membantu menghemat bahan bakar yang digunakan untuk memasak air. Dalam melakukan perancangan dibutuhkan metode penilitan yang digunakan ialah pengumpulan data dari jurnal, buku-buku serta observasi melihat permasalahan yang ada di lapangan. Proses perancangan menggunakan software Autocad 2007 2D, software ini digunakan agar lebih mudah dipahami dalam proses mendesain gambar desain. Hasil akhir perancangan bahwa pemanas air tenaga surya pasif kapasitas 20 liter ini dapat meningkatkan suhu air dengan memanfaatkan tenaga matahari untuk memanaskan air tanpa bantuan alat lain. Air yang temperaturnya sudah naik bisa mengefisiensi bahan bakar yang digunakan untuk proses pemasakan air menjadi 100°C.

Kata Kunci


Air, Tenaga Matahari, Pemanas Air Tenaga Surya Pasif

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Wirawan, M., & Sutanto, R. (2011). Analisa Laju Perpindahan Panas Pada Kolektor Surya Tipe Pelat Datar Dengan Absorber Pasir. Dinamika Teknik Mesin: Jurnal Keilmuan dan Terapan Teknik Mesin, 1(2).

Hidayat, M., Prahastuti, S., Soemardji, A. A., Hasan, K., Audrey, G., Gabriella, J., ... & Liempapas, C. Hypolipidemic Effects of Pea Protein Hydrolysates on Lipid Profile and Uric Acid in Cisplatin-Induced Nephropathy Rats.

Adikanti, R. U. (2017). Validasi Proses Produksi Minuman Isotonik Pada Line Pet.

Toruan, H. F. L., Sitepu, T., Ambarita, H., & Gultom, M. S. (2013). PENGUJIAN PROSES CHARGING SEBUAH PEMANAS AIR ENERGI SURYA TIPE KOTAK SEDERHANA YANG DILENGKAPI PCM (PHASE CHANGE MATERIAL) DENGAN LUAS PERMUKAAN KOLEKTOR 2 M2. Jurnal Dinamis, (12).

Wandrivel Rido, Suharti Netty, Lestari Yuniar., 2012, Jurnal Kesehatan Andalas, 1(3), 129-132

Widayana Gede., 2012, Jurnal Pendidikan Teknogi dan Kejuruan, 9(1), 37-40

Matondang Gihon, Aziz Azridjal, Mainil Iman Rahmat., 2016, Jurnal Unjuk Kerja Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya Sistem Termosifon 2(3), 1-2

Sofyan, Bondan T. 2018. “ Pengantar Material Teknik “. Jakarta : Salemba Teknika

Harsokoesoemo H. Darmawan. 2017. “ Pengantar Perancangan Teknik ”. Bandung : ITB

Giesecke, Frederick E. 2017. “ Gambar Teknik “. Jakarta : Erlangga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Diterbitkan oleh:

Fakultas Teknik 

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis 

Tlp. (0265) 776324 Fax. (0265) 776324