Faktor Dominan Tentang Persepsi Ibu Menyusui Tentang Kecukupan Asi

Bunga Romadhona Haque

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang mempengaruhi persepsi ibu menyusui mengenai kecukupan ASI. Melalui survei yang melibatkan ibu-ibu menyusui di beberapa wilayah, data tentang persepsi mereka terhadap kecukupan ASI dikumpulkan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi deskriptif dengan jenis analisis konten yang dirancang untuk mendeskripsikan konten informasi atau teks tertentu dengan melakukan analisis terhadap berbagai artikel ilmiah nasional, internasional maupun sumber lainnya Dalam analisis data, beberapa faktor potensial seperti pengetahuan ibu tentang manfaat ASI, dukungan sosial yang diterima, dan pengalaman ibu dalam menyusui dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor dominan yang mempengaruhi persepsi ibu menyusui tentang kecukupan ASI. Pertama, pengetahuan ibu tentang manfaat ASI secara signifikan berhubungan dengan persepsi mereka tentang kecukupan ASI. Ibu yang memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang manfaat ASI cenderung lebih percaya bahwa ASI mereka cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi mereka. Selain itu, dukungan sosial juga menjadi faktor dominan yang mempengaruhi persepsi ibu menyusui. Ibu yang mendapatkan dukungan positif dari keluarga, teman, dan tenaga medis cenderung memiliki persepsi yang lebih positif tentang kecukupan ASI mereka. Dukungan sosial ini memberikan rasa percaya diri kepada ibu bahwa ASI mereka cukup untuk bayi mereka.

Keywords


Faktor Dominan; Persepsi Ibu Menyusui; Kecukupan ASI; Ibu Menyusui; ASI

Full Text:

PDF

References


Arzakiyah, I., Yulianti, A., Wahuni, S., Rahayu, T. (2020). Faktor- Faktor Yang Memengaruhi Produksi Asi Pada Ibu Menyusui 0- 6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangetayu. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas. 3(1), 28-35.

Astutik, R, D., Murti, N, N., Noviasari, D. (2023). Hubungan Persepsi Tentang Kecukupan Asi Pada Ibu Menyusui Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Di Blud Uptd Puskesmas Bumi Rahayu Tanjung Selor. Aspiration of Health Journal. 3(1), 584-595.

Brown, J.E. et.al (2002). Nutrition Trought the Life Cycle, International Student Edition, 3rd, Thomson Wardsworth

Khamzah, Siti. (2012) Segudang Keajaiban ASI, Flash Books, Yogyakarta

Niar, A., Dinengsih, S., Siauta, J. (2021). Faktor – faktor yang Memengaruhi Produksi ASI pada Ibu Menyusui di RSB Harifa Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. Midwiferia Jurnal Kebidanan. 7(2), 10-19.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku, Rineka Cipta, Jakarta

Prastiwi, R, S., Qudriani, M., Maulida, I., Ludha, N., Arsita, R. (2018). Peningkatan Persepsi Kecukupan ASI Pada Ibu Menyusui, Jurnal Abdimas. 1(1), 42-48.

Roesli, Utami. (2009). Mengenal ASI Ekslusif, Trubus Agriwidya, Jakarta

SDKI 2012, Laporan Pendahuluan, BPS, BKKBN, Kementrian Kesehatan 2012

Unicef. (2020). A future for the world’s children? A WHO–UNICEF–Lancet Commission. The Lancet, 395(10224), 605–658.

WHO. (2017). Exclusive Breastfeeding For Optimal Growth, Development And Health Of Infants.

WHO. (2020). Breastfeeding continues to increase into the new millennium. WHO.Int, 110(6), 1103–1109.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmph.v4i1.13739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Midwifery and Public Health

Diterbitkan oleh :
Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh
Jl. R.E Martadinata No.150 Ciamis 46251
Email : info.jmph@unigal.ac.id