Tanaman Obat Keluarga untuk Kesehatan Ibu dan Bayi di Desa Sukamulya

Widya Maya Ningrum, Kurniati Devi Purnamasari

Abstract


Penggunaan tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan salah satu praktik kesehatan tradisional yang masih banyak digunakan di Desa Sukamulya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis-jenis tanaman obat yang digunakan serta efektivitasnya dalam mendukung kesehatan ibu dan bayi di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis tanaman obat, seperti daun katuk, kunyit, jahe, dan daun jambu biji, sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengatasi masalah laktasi, meningkatkan kesehatan pasca persalinan, dan mengobati gangguan pencernaan pada bayi. Meskipun banyak manfaat yang dilaporkan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan tanaman obat ini. Kesimpulannya, tanaman obat keluarga memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan ibu dan bayi di Desa Sukamulya, namun integrasi dengan praktik medis modern diperlukan untuk meningkatkan hasil kesehatan.

Keywords


Tanaman obat keluarga; TOGA; kesehatan ibu; kesehatan bayi

Full Text:

PDF

References


Arifin, S., & Sulastri, D. (2020). Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Katuk (Sauropus androgynus) terhadap Produksi ASI pada Ibu Menyusui. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 12(1), 45-52.

Hidayat, T., & Rachmawati, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Kunyit (Curcuma longa) dalam Perawatan Pasca Persalinan di Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 8(2), 98-105.

Wibowo, A., & Santoso, R. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penggunaan Tanaman Obat Keluarga di Wilayah Pedesaan Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(2), 89-96.

Suryani, R., & Maharani, S. (2020). Pemanfaatan Tanaman Herbal dalam Menunjang Kesehatan Ibu Hamil di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 12(3), 152-160.

Lestari, W., & Nugraha, T. (2018). Praktik Pengobatan Tradisional dengan Menggunakan Tanaman Obat Keluarga di Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Tradisional Indonesia, 6(4), 235-242.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Tahunan Kementerian Kesehatan: Penggunaan Tanaman Obat di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Mahmud, R., et al. (2019). Phytochemical Analysis and Galactagogue Activity of Sauropus androgynus. Journal of Ethnopharmacology, 234, 45-52.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmph.v5i1.16180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Midwifery and Public Health

Diterbitkan oleh :
Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh
Jl. R.E Martadinata No.150 Ciamis 46251
Email : info.jmph@unigal.ac.id