IDENTIFIKASI PELAKU BISNIS, BISNIS MODEL, DAN PLATFORM SAYURAN ORGANIK DI INDONESIA

Neneng Kartika Rini, Yosini Deliana, Luciana Trimo, Kunto Adi Wibowo

Abstract


Masih rendahnya pencapaian dan perwujudan SDGS 12 (Responsible Consumption and Production) atau produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab di dunia termasuk Indonesia yang berada di bawah Malaysia dan Thailand di peringkat ke-5. Hal yang sama berdasarkan data Dirjen Pangan dan Hortikultura pelaku bisnis masih rendah menerapkan SDGS12 ini. Pertanian organik yang sejalan dengan prinsip SDGS12 masih sangat kecil sekitrar 146 pelaku saja, dengan bisnis model sederhana. Adapun Platform produk pangan yang ada pada kenyatannya tidak sedikit yang seumur jagung , koleps dan tidak berkelanjutan pasca apanfemi Covid. Penelitian dilaksanakan di wilayah provinsi yang melakukan pertanian organik terkhusus sayuran, pada bulan Februari – April 2023, metode survey dan deskriptif kualitatif, dengan teknik sampling purposive sampling dan FGD, Sumber data Primer dan sekunder. Hasil penelitian diperoleh adalah Pelaku bisnis sayuran organik di Indonesia ada di 10 Provinsi, terdiri dari 20 individu/corporate , dan 26  kelompok . Produk kelompok yang diusahakan : aneka Sayuran , buah, herbal, olahan buah, olahan sayur, herbal drink, bibit sayur. Bisnis model yang dibangun oleh pelaku bisnis sayuran organik diantaranya: Social Business Model, dan Canvas Business Model  (BMC ) Platform sayuran organic yang aktiv beroperasi ada lebih dari 5 diantaranya : Lingkar  organic, Kecipir, 1000 kebun, Edas, Sesa.id, PLUS, FN Smart Planting

Full Text:

PDF

References


Arif Zulkifli. 2020. Green Marketing Redefinition Of Green product, Green Price, Green Place, Green Promotion. Graha Ilmu Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. Data Pertanian Organik di Indonesia

Becoause, R,Harjiyatni, F. R. , Princess, W. H. , Kresnanto, N. C. 2021. Green behavior in organic products: Policies approach. Journal

Budi Kusumo RA, Charina A. 2021. Communication Network Analysis on Organic Vegetable agribusiness in West Bandung Regency. Journal of Counseling Vol.17 no.2

Deliana Y. 2018. Business Model for Promoting Organic Vegetables. IOP Converece Series Erath and Enviromental Sciece

_. 2019 The Role of Green Marketing for Sustainable Agriculture. Books of Kotler, Philip and Amrstrong Gary. 2008 Principles of Marketing. InEdition Volume 12. Jakarta Erlangga

Granroos C and Heinonen K. 2015.Value Co Creation : Critical Reflections. Hanken Scholl Economic. Book

Hasibuan I. 2020. Organic Farming – Principle and Practical. Tidar Media Jakarta. Book

Kartika Rini, N , dkk, 2022. Value Co Creation Modeling (Co Learning and Co Service Desing) Organic Vegetables ; Sistematic Literature Review. International Journal.

Kotler, P, Kertajaya H, Setiawan i. 2021. Marketing 5.0 Technology for Humanity. E- Book, Wiley New York.

Kritiadi A, Hartoyo. Yusuf E, Sukandar D. 2021. Online Modeling of Community Relations Management in the formation of value co creation in the BroadBand Cellular Telecommunications Industry of Indonesia. Journal

O Wewthen, P Greffen. 2017. Designing Service Dominant Business Model. Journal

Patten J. 2010. Green Intention, creating a green value Stream to Compete and Wind. International Journals.

Purnomowati, NH Asrihaspari, A. 2021. Green Community Empowerment Business Model to Recognize Solo Green City: A Case Study. Scientific Journal of Management.

Rajadurai J Zahari A, at all. 2021. Investigating Green Marketing Orientation Practices Green Small and Medium Enterprise. International Journal

Rahmawati M, Ruslan A, Bandarsyah D. 2021. The Era of Society 5.0 as The Uniffication of Humans and Technology A Litertur reviw on Materialism and Existentialism. Journal. IOP Conference Series.

Setiawan,I, Supyandi.D, Rasiska S, Judawinata G. 2018. Pertanian PostModern ; Jalan Tengah Vertikal Generasi Era Bonus Demografi Membangkitkan Peradaban Nusantara. Penebar Swadaya. Jakarta

Statistik Pertanian Organik Indonesia (SPOI). 2019-2022. Data Pertanian Organik Indonesia,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License