DAYA TARIK KONSUMEN TERHADAP PASAR MODERN VERSUS PASAR TRADISIONAL

Eka Purna Yudha, Arga Kurniawan, Moch Farhan Hermawan

Abstract


Perkembangan pasar modern di Kota Bandung, cukup pesat. Munculnya berbagai jenis pasar nontradisional dapat meningkatkan kompetisi antara pasar modern dan pasar tradisional, seperti yang terjadi pada daerah Kota Bandung ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persaingan yang terjadi antara pasar tradisional dan pasar modern di daerah perkotaan meliputi kenyamanan dalam berbelanja, vairasi barang, harga barang, kondisi fisik pasar, fasilitas pasar serta persepsi konsumen terhadap kedua jenis pasar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daya Tarik dapat mempengaruhi konsumen dan dengan adanya daya tarik pasar menunjukkan bahwa pasar modern lebih disukai daripada pasar tradisional.

Full Text:

PDF

References


Al Mani, Syifa, and Eka Purna Yudha. "The competitiveness of Indonesian cashew nuts in the global market." JEJAK 14.1 (2021): 93-101.

Asribestari, R., & Setyono, J. S. 2013. Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Komparasi Pasar Karangayu Dan Giant Superdome). Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 2(3), 539-548.

Candrawati, A. K. S. C. 2015. Pasar modern dan pasar tradisional dalam gaya hidup masyarakat di kabupaten tabanan, Provinsi Bali. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 1(02).

Dina, Resa Ana, and Eka Purna Yudha. "ANALISIS SPASIAL DAYA DUKUNG DAN DAYA TAMPUNG PANGAN KOTA DEPOK." Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 9.1 (2023): 714-726.

Hermawan, Moch Farhan, et al. "KONVERGENSI AKTOR KELEMBAGAAN DALAM PENANGANAN STUNTING DI KABUPATEN SUMEDANG." Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 9.1 (2023): 727-740

Kotler, P dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Bahasa Indonesia. Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhalindo.

Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen: Dalam Prespektif Kewirausahaan. Cetakan Kedua. Bandung: CV Alfabeta.

Novianti, T. 2012. PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP PASAR TRADISIONAL (PASAR SATELIT) DAN PASAR MODERN (CARREFOUR) DI PALEMBANG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang).

Peraturan Menteri Perdagangan No. 53/M-DAG/PER/12/2008 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern

Sarwoko, E. 2008. Dampak keberadaan pasar modern terhadap kinerja pedagang pasar tradisional di wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 4(2), 97-115.

Sarwono, H. dan Sunyoto, D. (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro: (Teori dan Soal). Edisi Terbaru. Yogyakarta: CAPS.

Sinaga, Pariaman. 2004. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta

Sopiah dan Syihabudhin. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.

Peter, J. P. dan Olson, J. C. (2013) .Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Terjemahan oleh Dwiandani, D. T. Jakarta: Salemba Empat.

Tri Joko Utomo. 2011. “Persaingan Bisnis Ritel: Tradisional Vs Modern (The Competition Of Retail Business: Traditional Vs Modern).” Jurnal Ilmiah Ekonomi 6(1):122–33.

Yudha, Eka Purna, et al. "Rural development policy and strategy in the rural autonomy era. Case study of Pandeglang Regency-Indonesia." Human Geographies 14.1 (2020): 125-147.

Yudha, Eka Purna, et al. "Pengukuran pengaruh belanja desa terhadap kinerja pembangunan desa dengan menggunakan geographically weighted regression." TATALOKA 20.1 (2018): 23-34.

Yudha, Eka Purna, Delia Nada Suryana, and Anita Arga Putri Sitio. "Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Perusahaan Multinasional Dunkin Donuts." Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis. Vol. 6. No. 1. 2022.

Yudha, Eka Purna, and Rezky Algipari. "ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS PADJADJARAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK RICHEESE FACTORY." Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 9.1 (2023): 108-119.

Yudha, et al. 2023. “CONSUMER BEHAVIOR CHANGES IN SHOPPING AFTER THE COVID-19 PANDEMI”. Jurnal Apresiasi Ekonomi 11.1 (2023): 218-225.

Yudha et al. 2022. Perilaku Konsumen Pasar Tradisional dan Ritel Modern Selama Pandemi di Kabupaten Garut. Jurnal Ekobistek. Vol. 11 No. 4 Hal: 7-14

Yudha, Eka Purna, et al. "PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN RITEL GOJEK LAYANAN GO-MART, GO-SHOP, DAN GO-MED SEBELUM DAN SESUDAH PANDEMI COVID-19." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 9.3 (2022): 1447-1455.

Yuliasih, Eka. 2013. “Studi Eksplorasi Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Tirel Waserda Dan Pedagang Pasar Tradisional Di Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen.” Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License