PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TEH CELUP TONG TJI DI KOTA SURAKARTA

Inez Damayanti, Fanny Widadie, Sri Marwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas produk, dan kemasan terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh minat beli dalam pembelian teh celup Tong Tji di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan pendekatan PLS (Partial Least Square) dengan software SmartPLS versi 3.2.9 dengan 120 sampel. Hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel brand image dan kualitas produk tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian tetapi harus dimediasi oleh minat beli sehingga bersifat full mediation, sedangkan variabel minat beli dan kemasan berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Hasil mediasi hubungan antara variabel kemasan dimediasi minat beli terhadap keputusan pembelian bersifat partial mediation.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2021. Volume Penjualan dan Nilai Penjualan Menurut Jenis Komoditi di PTP Nusantara IX (Persero) Tahun 2020. Diakses dari https://jateng.bps.go.id/statictable/2021/04/12/2344/volume-penjualan-dan-nilai-penjualan-menurut-jenis-komoditi-di-ptp-nusantara-ix-persero-2020.html, pada 4 Januari 2023.

Badan Pusat Statistik. 2021. Diakses dari https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-teh-per-kapita-di-indonesia, pada 14 Oktober 2022.

Bintarti, S., & Suwandy. 2021. Consumer Purchasing Decisions of Teh Pucuk Harum : Product Quality, Advertising and Brand Image. The Management Journal of BINANIAGA, 6(2) : 229-244.

Compas. Indonesia FMCG E-Commerce Report 2022. Diakses dari https://compas.co.id/article/brand-teh-terlaris/, pada 4 Januari 2023.

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen (5th ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitria, A.V., Setiyani, R., & Lestari, R.D. 2022. Analisis Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Teh Celup. AGRISEMA : Agricultural Socio-Economic Empowerment and Agribusiness Journal, 1(2) : 49-58.

Ghozali, I., & Latan, H. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0 (2nd ed.). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.F et al. 2014. Multivariate Data Analysis 7th Edition. New Jersey : Pearson.

Purwati, A., & Cahyanti, M.M. 2022. Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1) : 32-46.

Puspita, C.M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3) : 268-275.

Putra, Y.P., Purwanto, H.M., & Sulistiyowati, L.N. 2022. Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Management and Business Review, 6(1) : 69-80.

Sarwono, J., & Narimawati, U. 2015. Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS SEM). Yogyakarta : Penerbit ANDI OFFSET.

Top Brand Award. 2022. Diakses dari https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=tong%20tji pada 28 Juni 2022.

Zhao, X., Lynch, J.G., & Chen, Q. 2010. Reconsidering Baron and Kenny : Myths and Truths About Mediation Analysis. Journal of Consumer Research, 37(2) : 197-206.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License