FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SANTRI TERHADAP KEGIATAN PERTANIAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUSTAFID KOTA TASIKMALAYA

Priyanca Mutiandari, Hendar Nuryaman, Cici Aulia Permata Bunda

Abstract


Kegiatan pertanian di pondok pesantren merupakan salah satu upaya regenerasi di sektor pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan pengembangan skill, pengetahuan serta minat santri. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis faktor-faktor yang mendominasi terhadap kegiatan pertanian, Menganalisis minat santri Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid terhadap kegiatan pertanian, Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat santri terhadap kegiatan pertanian di Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid. Penelitian ini dilaksanakan di pondok Pesantren Hidayatul Mustafid Kelurahan Awipari, Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survei pada 33 orang santri sebagai responden. Uji analisis yang digunakan yaitu uji Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor – faktor yang mendominasi terhadap kegiatan pertanian dari faktor internal yaitu, intelegensi dan motivasi pribadi termasuk kategori tinggi. Sedangkan, faktor eksternal yaitu, pendidikan dan pelatihan serta sumber informasi termasuk kategori tinggi, kemudian lingkungan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Minat santri pada kegiatan pertanian di Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid termasuk ke dalam kategori tinggi. 3) Secara simultan dan parsial faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh signifikan terhadap minat santri dalam kegiatan pertanian.

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (3 ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, B. 2005. Pembangunan Pertanian. Jakarta: PT Grasindo.

Nadhira, U. 2015. Minat Wirausaha kaum santri dan faktor - faktor yang mempengaruhinya (Studi pada pondok pesantren Ar-Riyadh Palembang). I-Economics Journal,Vol. 1(No. 1).

Soekanto, S. 2009. Sosiologi Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja grafino Persada.

Sutjipto. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Yusuf, I. 2021. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Santri terhadap Kegiatan Agribisnis Hidroponik di Pesantreneurshipay Tasikmalaya. Jurnal Agriibisnis. Vol. 1 (No.1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License