ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT BAURAN PEMASARAN DEPPA TORI DI JAWA TENGAH

Friskilia Sampe Mule, Bayu Nuswantara

Abstract


Deppa Tori merupakan salah satu hidangan khas yang berasal dari Tana Toraja. Deppa Tori sering disajikan pada acara adat seperti upacara kematian dan pernikahan. Atribut-atribut yang membuat konsumen puas dengan produk ini belum diketahui. Mengamati situasi ini, tindakan yang dilakukan adalah menganalisis kepuasan konsumen untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan konsumen Deppa Tori. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut bauran pemasaran produk Produk Deppa Tori dan menganalisis atribut bauran pemasaran yang perlu diperhatikan oleh produsen Produk Deppa Tori. Pada penelitian ini terdapat 59 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling method. Metode yang digunakan ialah analisis deskriptif, Custumer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menemukan bahwa 86,28% konsumen merasa sangat puas dengan pembelian produk Deppa Tori, terutama dengan atribut rasa, cara pemesanan, tekstur, ketepatan pengiriman, persediaan produk, dan iklan. Produsen harus memprioritaskan atribut-atribut ini untuk meningkatkan kinerja, dan tetap mempertahankan elemen seperti aroma, kemasan, media sosial, dan word of mouth. 

Full Text:

PDF

References


Gunawan, A. F., & Priatna, W. B. 2015. Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Happy Cow Steak Bogor Jawa Barat. 05(02), 139–158.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Jayadi, R. P., Effendi, Z., & Marniza, M. 2019. Customer Satisfaction Analysis on Lemang Tapai Traditional Food At Bengkulu. Jurnal Agroindustri, 8(2), 124–132.

Mudjanarko, S. W. 2020. Metode Importance Performance Analysis (IPA) Untuk Mengukur Kinerja Prasarana Kereta Api Melalui Kepuasan Pelanggan. Scopindo Media Pustaka.

Patrio, Z. 2021. Manis dan Lembut, 5 Fakta Menarik Deppa Tori Kue Khas Tana Toraja. 2021. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/zidan-patrio/5-fakta-menarik-deppa-tori-c1c2

Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. 2020. Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Pudak di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243.

Widodo Mulyo Sanusi, & Sutopo Joko. 2018. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.

Wulandari, M. S. 2017. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk “Olahan Durian” Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumer Satisfaction Index (CSI) di PT. DeDuren Winner Food Malang. BMC Public Health, 5(1), 1–8.

Yulianti, E., & Umbara, T. 2020. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Teknoif, 8(2), 78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License