ANALISIS PERSEDIAAN BERAS DI PERUM BULOG SUBDRIVE WILAYAH IV BANYUMAS (Studi Kasus Pada Gudang Bulog Sokaraja Kulon dan Klahang)

Hartinah Hartinah, Pujiati Utami, Watemin Watemin

Abstract


Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pengadaan beras menjadi perhatian yang sangat penting karena kekuarangan stok beras bisa mengganggu stabilitas perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persediaan beras di perum Bulog Subdrive Wilayah IV Banyumas. Data yang digunakan merupakan data time series yang diperoleh mulai tahun 2016 – 2020. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Economic Order Quantity (EOQ), Safety Stock, dan Maximum Inventory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengadaan beras di perum Bulog Subdrive IV Banyumas mengikuti pola produksi gabah yang ada di tingkat petani.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2021. Pemerintah Canangkan Import Beras ditengah Panen Raya. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56336972. Diakses pada tanggal 28 Maret 2021.

Badan Pusat Statistik. 2009. Harga Produsen. http://www.bps.go.id/subject/36/harga-produsen.html. Diakses pada tanggal 2 Maret 2021.

Baliwati,Y,F. 2004. Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Fitriani, Nur., Ria Puspa Yusuf dan Ketut Rantau. 2014. Analisis Persedian Beras di Perusahaan Umum BULOG Divisi Regional Nusa Tenggara Timur. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata : http//ojs.unud.ac.id/index.php/JAA. 3(1) : 12-21.

Kurniawati, W., Erviana, L., dan Desstya, A. 2020. Solusi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Perkotaan Saat Pandemi Covid-19. Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague, 95.

Rangkuti, Freddy. 2002. Manajemen Persediaan. Cetakan kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Kelima. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Surajweni, V. Wiratma. 2014. Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License