PENGEMBANGAN KEDELAI PADA LAHAN SAWAH DI D.I. YOGYAKARTA

Arif Anshori, Tri Endar Suswatiningsih

Abstract


Produksi kedelai belum mencukupi kebutuhan kedelai nasional, sehingga dipenuhi dari impor.  Kedelai di Kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Sleman D.I. Yogyakarta ditanam di lahan sawah, dengan produktivitas yang masih rendah. Penelitian bertujuan mengkaji pengembangan kedelai pada lahan sawah di D.I. Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2019 di sentra kedelai lahan sawah. Penelitian menggunakan analisis kuantitatif data sekunder, dengan didukung data hasil penelitian tahun sebelumnya di Kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Sleman D.I. Yogyakarta. Wawancara terhadap petani terpilih di sentra produksi kedelai lahan sawah digunakan untuk memahami respon petani terhadap tanaman kedelai. Hasil penelitian menunjukkan produksi kedelai di Kabupaten Kulon Progo, Bantul dan Sleman fluktuatif. Produksi kedelai cenderung mengalami penurunan, secara khusus di Kabupaten Bantul (R2 0,7144) dan Sleman (R2 0,6137). Petani condong memilih komoditas selain kedelai. Harga kedelai rendah, keuntungan rendah dan benih sulit diperoleh merupakan penyebab utama petani memilih komoditas selain kedelai. Sebab lain adalah produktivitas rendah, serangan hama penyakit dan pascapanen kedelai yang rumit. Secara teknis pengembangan kedelai lahan sawah di D.I. Yogyakarta sangat terbuka. Benih kedelai dipenuhi dari lahan hutan kayu putih di Kabupaten Gunungkidul. Pertanaman kedelai mengandalkan teknologi budidaya kedelai lahan sawah spesifik lokasi di D.I. Yogyakarta yang telah tersedia. Kemauan, fikiran dan tenaga petani menentukan pengembangan kedelai. Kebijakan diperlukan untuk mendukung penerapan teknologi dan meminimalkan hambatan.

Full Text:

PDF

References


Adi, A., Mulyani, A. dan Irawan. 2013. Sumberdaya lahan untuk kedelai di Indonesia. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Adisarwanto, T., Subandi dan Sudaryono. 2013. Teknologi produksi kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Anshori, A., Srihartanto, E. dan Mulyadi. 2012. Teknologi budidaya kedelai spesifik lokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta. Yogyakarta.

Anshori, A., Srihartanto, E. dan Sudarmaji. 2015. Persepsi petani Kabupatenupaten Bantul D.I. Yogyakarta terhadap varietas unggul kedelai dengan penerapan PTT. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi – Inovasi Teknologi Tanaman Aneka Kacang dan Umbi untuk Mewujudkan Sistem Pertanian Bioindustri Berkelanjutan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Anshori, A., Srihartanto, E. dan Sukristiyonubowo. 2019a. Teknologi budidaya kedelai pada hutan kayu putih di Kabupaten Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Pertanian Indonesia – Memperkuat Lumbung Pangan, Fundamental Ekonomi dan Daya Saing Global. Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta – Peragi – PEI – Perhepi. Yogyakarta.

Anshori, A., Hapsari, S.D., dan Riyanto, D. 2019b. Teknologi budidaya kedelai pada lahan sawah irigasi di Kabupaten Sleman D.I. Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Pertanian Indonesia – Memperkuat Lumbung Pangan, Fundamental Ekonomi dan Daya Saing Global. Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta – Peragi – PEI – Perhepi. Yogyakarta.

Arsyad, D.M., Adie, M.M. dan Kuswantoro, H. 2013. Perakitan varietas unggul kedelai spesifik agroekologi. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul. 2005-2017. Bantul dalam angka.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kulon Progo. 2005-2017. Kulon Progo dalam angka.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. 2005-2017. Sleman dalam angka.

Ditjentan. 2004. Profil kedelai (Glycine max). Buku 1. Direktorat Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Harnowo, D., Hidajat, J.R. dan Suyamto. 2013. Kebutuhan dan teknologi produksi benih kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Harsono, A., Purwaningrahayu, R.D. dan Taufik, A. 2013. Pengelolaan air dan drainase pada budidaya kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia . 2016. Pedoman umum PTT Kedelai.

Marwoto dan Hardaningsih, S. 2013. Pengendalian hama terpadu pada tanaman kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Radjit, B.S. dan Purwaningrahayu, R.D. 2013. Pengendalian gulma pada kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Saleh, N. dan Hardaningsih, S. 2013. Pengendalian penyakit terpadu pada tanaman kedelai. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Subandi, A. Harsono dan Kuntyastuti, H. 2013. Areal pertanaman dan sistem produksi kedelai di Indonesia. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Sudaryanto, T. dan Swastika, D.K.S. 2013. Ekonomi kedelai di Indonesia. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Sudaryono, Taufiq, A. dan Wijanarko, A. 2013. Peluang peningkatan produksi kedelai di Indonesia. Dalam : Sumarno, Suyamto, A. Widjono, Hermanto dan H. Kasim (Eds.) Kedelai : Teknologi produksi dan pengembangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Suradal, Bekti, U.B. dan Anshori, A. 2017. Teknologi budidaya kedelai dengan pendekatan pengelolaan tanaman terpadu (PTT) di Kabupatenupaten Kulon Progo D.I. Yogyakarta. Caraka Tani – Journal of Sustainable Agriculture, Vol. 32 No. 1, hal 18-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License