ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERUSAHAAN MULTINASIONAL DUNKIN DONUTS

Eka Purna Yudha, Delia Nada Suryana, Anita Arga Putri Sitio

Abstract


Dunkin Donuts merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi donat. Banyaknya kompetitor menuntut Dunkin Donuts untuk turut meningkatkan kinerja mereka demi mempertahankan bisnis mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis faktor-faktor kepentingan untuk meningkatkan kepuasan para konsumen Dunkin Donuts. 2) Untuk menganalisis tingkat kinerja untuk meningkatkan kepuasan para konsumen Dunkin Donuts. Terdapat 40 responden menggunakan metode Non-probability Sampling. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan ciri-ciri dari pertimbangan dari proses membeli yang dilakukan oleh konsumen. Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) merupakan metode yang berfungsi dalam menganalisis kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai Customer Satisfaction Index sebesar 75,20% yang berarti secara umum konsumen telah merasa puas terhadap atribut-atribut yang dianalisis. 2) Strategi yang dilakukan untuk memperbaiki atribut terletak pada kuadran I yaitu harga, cepat tanggap terhadap keluhan, dan kebersihan toilet adalah atribut yang dinilai penting bagi konsumen dan menjadi prioritas utama untuk diperbaiki oleh Dunkin Donuts. Kata kunci: kepuasan konsumen, CSI, IPA, pengembangan bisnis

Full Text:

PDF

References


Agribisnis, D., Ekonomi, F., & Manajemen, D. A. N. (2018). Proses pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen di rumah talas bogor afnan naufal falah

Amanda T, Nurmalina R. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Waroeng Hotplate Odon Cibanteng, Bogor, Jawa Barat. FA Vol. 8, No 1, 81-96

Amnesty International. (2007). The Effect of Cellular Marketing and the Attitude Towards the Desire to Buy Dunkin Donut in Bandar Lampung.

Hasanah F, Setiawan I, Noor TI, Yudha EP. 2021. Analisis Potensi Sektor Unggulan Dan Perubahan Struktur Ekonomi Di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Januari 2021. 7(1): 947-960

Istiatin, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736.

Mandasari V, Tama BA. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ. JURNAL GENERIC. Vol.6 No.1, 25-28

Mani SA, Yudha EP. 2021. The Competitiveness of Indonesian Cashew Nuts in The Global Market. Jejak Vol 14 (1) (2021): 93-101

Nummila, M. (2015). Successful social media marketing on Instagram.

Satria FM, Nugraha A, Yudha EP, Ernah. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Industri Hilir Domestik Terhadap Biji Kakao. Agricore Volume 5 Nomor 2, 139-150

Setiawan MA, Noor TI, Sulistyowati L, Yudha EP. 2021. Mapping of Food Security Based on Natural Disaster Mitigation in Serang Regency, Banten Province, Indonesia. PSYCHOLOGY AND EDUCATION (2021) ISSN: 0033-3077 Volume: 58(4): Pages: 911 – 924

Wisanggeni PD, Hartiati A, Sudyasmara CAB. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di “Waroeng Kampoeng” Jimbaran menggunakan Metode CSI dan PGCV. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. Vol. 8, No. 4, 535-543

Yolanda, V., Suyono, S., & Kartika Eka Wijayanti, I. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Salak Umkm Salak Cristal Di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta. Forum Agribisnis, 10(2), 131–144.

Yudha EP, Juanda B, Kolopaking LM, Kinseng RA. 2018. Rural development policy and strategy in the rural autonomy era. Case study of Pandeglang Regency - Indonesia. 2020. Human Geographies Vol. 14, No. 1 125-147

Yudha EP, Juanda B, Kolopaking LM, Kinseng RA. 2018. Pengukuran Pengaruh Belanja Desa Terhadap Kinerja Pembangunan Desa Dengan Menggunakan Geographically Weighted Regression. Tata Loka Volume 20 Nomor 1, 23-34

Yudha EP, Dina RA. 2020. Pengembangan Potensi Wilayah Kawasan Perbatasan Negara Indonesia (Studi Kasus: Ranai-Natuna). TATA LOKA VOLUME 22 NOMOR 3, AGUSTUS 2020, 366-378

Zhu, H. (n.d.). Factors Influencing Customer Doughnut Brand Choice.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License