SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) DARI DESA CILUMPING KECAMATAN DAYEUHLUHUR KABUPATEN CILACAP SAMPAI KECAMATAN RAJADESA KABUPATEN CIAMIS

Rena Sondari, Eri Cahrial, Rina Nuryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran kopi robusta. Metode penelitian menggunakan survei. Daerah penelitian ditentukan secara purposive di Desa Cilumping Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap dilakukan pada bulan Januari hingga Oktober 2021. Responden ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat 2 saluran pemasaran kopi robusta, yaitu saluran pemasaran I : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar Rajadesa – Konsumen Antara, Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar Rancah – Pedagang Besar Rajadesa – Konsumen Antara. Fungsi pemasaran yang tidak dilakukan oleh pedagang pengumpul di saluran I dan saluran II yaitu fungsi pengolahan dan sortasi. Sedangkan untuk pedagang besar pada saluran I dan II tidak melakukan fungsi pengolahan kecuali untuk pedagang besar Rancah tidak melakukan fungsi sortasi. Biaya pemasaran saluran I dan saluran II masing-masing seharga Rp 1.104/kg dan Rp 1.179,5/kg. Keuntungan pemasaran saluran I dan saluran II masing-masing seharga Rp 1.896/kg dan Rp 1.820,5/kg. Margin pemasaran pada saluran I dan II sebesar Rp 3.000/kg. Distribusi margin saluran pemasaran I untuk biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran yaitu 36,8 persen dan 63,2 persen, saluran pemasaran II untuk biaya pemasaran dan keuntungan pemasaran yaitu 39,3 persen dan 60,7 persen. Farmer’s share pada saluran I dan II adalah 85,7 persen. Saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II adalah saluran pemasaran yang efisien.

Full Text:

PDF

References


Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anisa Puspitasari, Rudi Priyadi, Dedi Sufyadi. 2020. Struktur, Perilaku dan Kinerja Pemasaran Cabai Rawit Merah di Kecamatan Cigalontang. Agribusiness System ScientificJournal Vol.1 No.1 Desember 2020.

Armand Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah. Malang.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2018. Statistik Kopi Indonesia 2018. Jakarta : BPS RI.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2019. Produksi Tanaman Perkebunan. Jakarta : BPS RI.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2019. Statistik Kopi Indonesia 2019. Jakarta : BPS RI.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap. 2018. Luas dan Produksi Kopi Robusta tahun 2014 – 2019. Cilacap : BPS Kabupaten Cilacap.

Nur Baladina, Ratya Anindita dan Ariani Rosidi Putri. 2011. Analisis Pemasaran Durian di Desa Wonoagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal. HABITAT Volume XXII No.1. Universitas Brawijaya. Malang.

Sugiharti Mulya Handayani dan Ivana Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar di Kavupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan Vol.9 (1). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung

Usman Rianse dan Abdi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Alfabeta. Bandung.

Wasrob Nasruddin dan Ahmad Musyadar. 2015. Tataniaga Pertanian. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________

Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Jl. RE Martadinata No. 150 46274

Telepon: (0265) 7602739

Email: prosemnas@unigal.ac.id

 

Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License