PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN GEOGEBRA PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Ipah Muzdalipah, Ratna Rustina, Hetty Patmawati, Eko Yulianto

Sari


Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika diyakini dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga menjadikan dorongan bagi siswa untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan pengembangan bahan ajar berbantuan Geogebra pokok bahasan bangun datar Segitiga dan Segiempat. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) media, angket respons peserta didik, dan focus group discussion (FGD). Tahap uji kelayakan meliputi validasi ahli, uji terbatas, uji meluas, dan uji lapangan. Hasil penelitian berdasarkan uji validasi ahli materi dan media memperoleh rekomendasi perbaikan mayor, sedangkan validasi ahli bahasa memperoleh rekomendasi perbaikan minor. Setelah perbaikan dilakukan, dilakukan uji lapangan bahan ajar. Hasil uji lapangan diidentifikasi: (1) uji terbatas melalui 8 orang siswa kelas VII di SMP N 10 Kota Banjar menunjukkan respons di bawah 50% artinya bahan ajar tidak mudah dipahami, kurang menarik, dan kurang dirasakan kebermanfaatannya dalam materi bangun datar; (2) melalui beberapa perbaikan, bahan ajar diujicobakan lebih meluas kepada kelas VII-A dan respons siswa meningkat menjadi lebih dari 60%. Angka ini masih diluar harapan peneliti; (3) hasil FGD mengidentifikasi bahwa faktor keterampilan siswa dalam mengoperasikan komputer diduga menjadi faktor dominan dalam pembelajaran matematika berbantuan Geogebra. Setelah dilakukan pelatihan Geogebra peneliti melakukan uji lapangan pada kelas VII-C dan VII-D dan diperoleh respons siswa pada angka 80-90%, artinya bahan ajar dapat dipahami dengan mudah oleh siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan modul matematika dengan strategi problem solvin guntuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Fajriadi, D., Priyadi, R., & Rahayu, D. V. (2022). Pengembangan media pembelajaran Geogebra book materi dimensi tiga. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 453. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813

Fitri, D. Y., Septia, T., & Yunita, A. (2013). Pengembangan modul kalkulus 2 pada program studi pendidikan matematika di stkip pgri Sumatera Barat. Jurnal Pelangi, 6(1), 65–76. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22202/jp.2013.v6i1.288

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live worksheet realistic mathematics education berbantuan Geogebra: meningkatkan abstraksi matematis siswa smp pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526

Gufron, A., Darwan, & Winarso, W. (2018). Penggunaan bahan ajar berbasis multimedia interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa. Inspiramatika, 4(2), 77–88. http://orcid.org/0000-0002-8527-7660

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161

Hia, Y., Kristina, E., & Nainggolan, B. (2023). Development of geogebra interactive learning media in spatial ability to build flat side spaces of cubes dan beams at smpn 1 sunggal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(1), 29–54. https://doi.org/https://10.55927/jiph.v2i1.2801

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

Nuritno, R., Raharjo, H., & Winarso, W. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24235/itej.v2i1.11

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif (8th ed.). Yogyakarta: DIVA Press.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbatuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Puspitasari, A. I., & Lestari, K. E. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video pada materi sistem koordinat kelas viii smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 259. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7170

Ramziah, S. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas x2 sman 1 gedung meneng menggunakan bahan ajar matriks berbasis pendekatan saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269

Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran (modul) berbantuan Geogebra pokok bahasan turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.24

Sudirman. (2016). Analisis kecenderungan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi segitiga. Gema Wiralodra, 7(3), 179–187. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1095916&site=ehost-live

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook. Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Thiagarajan, S., & Stolovitch, H. D. (1977). Evaluation of a mediated program for training teachers of exceptional children in instructional development. final report 51.2. ERIC.

Triyanto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.

Wae, S., Arigiyati, T. A., & Ayuningtyas, A. D. (2020). Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas x ipa sma taman madya ibu pawiyatan Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 311–318. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8816

Wahid, A. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.

Yenti, I. N. (2016). Hasil perancangan modul kalkulus dasar dan lanjut dengan menggunakan maple 14. Ta’dib, 19(1), 49. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.450




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i1.10090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: