Esensi Literasi Matematis: Pengalaman Guru Matematika SMK Agribisnis

Ai Tusi Fatimah, Agus Yuniawan Isyanto, Euis Erlin

Sari


Penerapan literasi matematis dalam konteks dunia kerja relevan bagi siswa di sekolah kejuruan. Kajian fenomenologi ini bertujuan untuk menggali esensi literasi matematis dari guru matematika yang mengajar di SMK program keahlian agribisnis. Tiga belas guru matematika dari enam sekolah kejuruan agribisnis di Ciamis-Indonesia terlibat dalam penelitian ini. Peserta diberikan pertanyaan open-ended melalui wawancara tentang soal-soal literasi matematis yang dirancang dan pengalaman mendapatkan respon dari siswa ketika diberikan soal-soal tersebut. Pernyataan partisipan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis komparatif konstan untuk memperoleh hakikat literasi matematis di SMK agribisnis. Temuan penting dari pengalaman merancang soal literasi matematis adalah kemampuan guru matematika untuk menemukan konteks agribisnis dan menghubungkannya dengan konsep matematika tertentu. Penyebab kesulitan guru dalam merancang soal literasi matematis adalah perbedaan pemahaman mereka tentang lingkungan sekolah, lingkungan kerja agribisnis, dan pengalaman praktis di bidang pertanian. Semua guru setuju bahwa siswa tertarik pada konteks agribisnis dalam pertanyaan yang diberikan. Kesulitan siswa terletak pada perumusan matematis dan keterkaitan antar konsep. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan pengetahuan guru tentang konteks yang dihubungkan dengan pengetahuan konten matematika dan pembiasaan siswa mengerjakan soal literasi matematis untuk mendukung persiapan siswa memecahkan masalah di tempat kerja yang semakin kompleks.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakker, A. (2014). Characterizing and developing vocational mathematical knowledge. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 151–156. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9560-4

Bakker, Arthur, Groenveld, D., Wijers, M., Akkerman, S. F., & Gravemeijer, K. P. E. (2014). Proportional reasoning in the laboratory: An intervention study in vocational education. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 211–221. https://doi.org/10.1007/s10649-012-9393-y

Cahyaningsih, I., & Murdiyani, N. M. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMK jurusan seni budaya. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 69–82.

Ciptaningtyas, A., Mardiyana, M., & Pratiwi, H. (2018). Vocational High School Students Ability in Mathematics Literacy. Pancaran Pendidikan, 7(1), 135–142. https://doi.org/10.25037/pancaran.v7i1.143

Coben, D., & Weeks, K. (2014). Meeting the mathematical demands of the safety-critical workplace: Medication dosage calculation problem-solving for nursing. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 253–270. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9537-3

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design. In SAGE Publications, Inc. (Fourth Edi).

Diyarko, & Waluya, B. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 70–80.

Fatimah, A. T., & Prabawanto, S. (2020). Mathematical understanding and reasoning of vocational school students in agriculture-based mathematical tasks. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 701–712. https://doi.org/10.17478/JEGYS.702884

Fatimah, A. T., Pramuditya, S. A., & Wahyudin, W. (2019). Imitative and creative reasoning for mathematical problem solving (in context horticultural agribusiness). Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042092

Fatimah, A. T., & Wahyudin, W. (2020). Number Sense Siswa Smk Pada Tugas Matematis Berbasis Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 133. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3322

Fatimah, Ai Tusi. (2020). Karakteristik Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMK Pada Tugas Matematis Berbasis Kompetensi Keahlian Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Awal Matematis. http://repository.upi.edu/id/eprint/57736

Fatimah, Ai Tusi. (2021). Koneksi Matematis Siswa pada Tugas Matematis Berbasis Hasil Pertanian: Konteks, Konsep, dan Prosedur Matematis. Jurnal Elemen, 7(2), 295–309. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3176

Fatimah, Ai Tusi, Isyanto, A. Y., & Toto. (2022). Konteks dan Konten Matematika di SMK / MAK Agribisnis dan Agriteknologi. PRCI.

Fatimah, Ai Tusi, & Solihah, S. (2021). Desain Bahan Ajar Berbasis Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 25. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4487

FitzSimons, G. E. (2014). Commentary on vocational mathematics education: Where mathematics education confronts the realities of people’s work. Educational Studies in Mathematics, 86(2), 291–305. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9556-0

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with STEM-collaborative project based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031

Istikhoirini, E., & Fitri, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Kelas Xi Smk Muhammadiyah Kajen. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 73–86.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 024/H/KR/2022 tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka. 1–23.

Kilpatrick, J. (2002). Understanding mathematical literacy: The contribution of research. Educational studies in mathematics. Educational Studies in Mathematics, 47, 101–116.

Leeman, Y., & Wardekker, W. (2011). Redesigning vocational education: The possibilities of design-based research. Journal of Curriculum Studies, 43(3), 313–331. https://doi.org/10.1080/00220272.2011.557838

Meaney, T. (2007). Weighing up the influence of context on judgements of mathematical literacy. International Journal of Science and Mathematics Education, 5(4), 681–704. https://doi.org/10.1007/s10763-007-9093-8

Munir, M., Asikin, M., & Junaedi, I. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Pada Pembelajaran Problem Based Learning Kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 380–385. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/311

OECD. (2021). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). https://www.oecd.org/pisa/sitedocument/PISA-2021-mathematics-framework.pdf

Priyonggo, H. W., Wardono, & Asih, T. S. N. (2019). Penggunaan Modul Agito dalam Pembelajaran Matematika SMA / SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 2, 668–678. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29215

Qurohman, M. T., Romadhon, S. A., & ... (2020). Peningkatan Literasi Matematika Siswa Tingkat Sma/Smk Di Panti Asuhan Putera Muslimat Brebes Berbantuan Software Wolfram …. JP3M: Jurnal …, II(2), 181–187. http://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/view/281%0Ahttp://ejournal.uicm-unbar.ac.id/index.php/jp3m/article/download/281/147

Saragih, B. (2001). Pembangunan Sistem Agribisnis Di Indonesia Dan Peranan Public Relation. SOCA: Socioeconomics of Agriculture and Agribusiness, 1(2), 1–12.

Williams, J., & Wake, G. (2007). Black boxes in workplace mathematics. Educational Studies in Mathematics, 64(3), 317–343. https://doi.org/10.1007/s10649-006-9039-z




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: