Filsafat Realisme Aristoteles: Mengungkap Kearifan Kuno dalam Implementasi Pembelajaran Matematika
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Acharya, B. R., Kshetree, M. P., Khanal, B., Panthi, R. K., & Belbase, S. (2021). Mathematics educators' on cultural relevance of basic level methematics in Nepal. Journal on Mathematics Education, 12(1), 17–48. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.12955.17-48
Anugrah, A. T. (2021). Refleksi pemikiran Aristoteles sebagai landasan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 57-69.
Anwar, S. S. (2021). Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan. Yayasan Do’a Para Wali.
Atmodjo, S. S., Lumbantobing, D., Sari, A. R., Andrianto, A., Triono, B., Kutoyo, M. S., Wijaya, I., Rachmad, Y. E., Suharyat, Y., & Riady, Y. (2022). Filsafat Ilmu Lanjutan. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558744/
Basuki, B., Rahman, A., Juansah, D. E., & Nulhakim, L. (2023). Perjalanan menuju pemahaman yang mendalam mengenai ilmu pengetahuan: studi filsafat tentang sifat realitas. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.815
Bond, G., & Chernoff, E. J. (2015). Mathematics and Social Justice: A Symbiotic Pedagogy. Journal of Urban Mathematics Education, 8(1). https://doi.org/10.21423/jume-v8i1a256
Budiarti, A., Rahmadani, A., & Fauziati, E. (2022). Perspektif Realisme terhadap Penggunaan Metode Inquiry Learning. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), Article 1. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/pgsd/article/view/1775
Cahyani, N. M. M., & Damayanti, N. W. E. (2022). Unsur-unsur dan filosofis pendidikan. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), Article 1.
Hadi, S., Kurnianto, H., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: meta sintesis untuk riset perilaku organisasional. Sleman: Viva Victory Abadi.
Khafifah, K. L., Safitri, L. D., & Yulianasari, N. (2022). Sejarah perkembangan matematika Yunani kuno dan tokoh-tokohnya. UNEJ E-Proceeding, 539–544.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours. Valia Pustaka.
Mahfud, M., & Patsun, P. (2019). Mengenal filsafat antara metode praktik dan pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.76
Muhmidayeli. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Muttakhidah, RR. I. (2016). Logika matematika, dialektika dan teknik pengambilan simpulan. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4769
Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Sejarah dan Filsafat Matematika. Dirjen GTK.
Rifati, M. (2018). Realisme dalam filsafat pendidikan. file:///C:/Users/Administrator/Downloads/REALISME_DALAM_FILSAFAT_PENDIDIKAN. pdf .
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: keududkan, peran, dan perspektif permasalahan dalam pembelajaran maematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269
Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam filsafat pendidikan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302
Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis pederta didik dalam pembelajaran: A systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42.
Sutono, A. (2011). Aliran Realisme Dalam Filsafat Pendidikan. CIVIS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26877/civis.v1i1/Januari.377
Tang, M., Mansur, A. H., & Ismail, I. (2021). Landasan filosofis pedidikan: Telaah Pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. Moderation | Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 47-56.
Tumanggor, R. O., & Suharyanto, C. (2017). Pengantar Filsafat Untuk Psikologi. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.
Zairina, N. (2023). Psikologi Pendidikan (Pengantar dan Konsep Dasar). Yogyakarta: K-Media.
Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S. M., Bond, M., & Buntins, K. (Eds.). (2020). Systematic reviews in educational research: Methodology, perspectives and application. Springer VS.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11074
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: