Filsafat Realisme Aristoteles: Mengungkap Kearifan Kuno dalam Implementasi Pembelajaran Matematika

Endah Isnaintri, Ii Faidhotuniam, Yuyu Yuhana

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi dan deskripsi mengenai pemikiran realisme Aristoteles, filsafat matematika, dan hubungannya dengan pembelajaran matematika. Sehingga urgensi dari penelitian ini untuk menghadirkan filsafat dalam pengajaran dan pembelajaran matematika yang lebih bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematics Literature Review yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui sintesis dan tinjauan terhadap literatur dari buku-buku yang terkait dengan pemikiran realisme Aristoteles dan filsafat matematika, serta artikel-artikel yang diterbitkan antara tahun 2011 dan 2022, yang diakses melalui database Google Scholar, Research Gate, dan Perpusnas. Sebanyak 6 buku dan 11 artikel digunakan sebagai bahan kajian sintesis kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang saling berkaitan antara pembelajaran matematika dan aliran realisme Aristoteles. Pemikiran Aristoteles dalam matematika mengacu pada konsep logika, silogisme atau analisis, dan metode deduktif. Aristoteles berpendapat bahwa logika harus diterapkan dalam matematika, yaitu berfikir secara teratur berdasarkan urutan yang tepat dan hubungan sebab-akibat. Silogisme atau analisis diperlukan untuk membangun aksioma-aksioma yang penting dalam matematika, sedangkan metode deduktif digunakan untuk menarik kesimpulan dari yang umum ke yang khusus. Dengan demikian, pemikiran realisme Aristoteles memiliki kesamaan pandangan dalam hal mempelajari objek yang sama dengan tingkat generalisasi dan abstraksi yang tinggi, menggunakan akal dan rasionalitas tanpa bereksperimen, serta menggunakan metode deduktif dimana kebenaran diperoleh melalui serangkaian langkah pembuktian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acharya, B. R., Kshetree, M. P., Khanal, B., Panthi, R. K., & Belbase, S. (2021). Mathematics educators' on cultural relevance of basic level methematics in Nepal. Journal on Mathematics Education, 12(1), 17–48. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.12955.17-48

Anugrah, A. T. (2021). Refleksi pemikiran Aristoteles sebagai landasan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 57-69.

Anwar, S. S. (2021). Aliran dan Pemikiran Filsafat Pendidikan. Yayasan Do’a Para Wali.

Atmodjo, S. S., Lumbantobing, D., Sari, A. R., Andrianto, A., Triono, B., Kutoyo, M. S., Wijaya, I., Rachmad, Y. E., Suharyat, Y., & Riady, Y. (2022). Filsafat Ilmu Lanjutan. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558744/

Basuki, B., Rahman, A., Juansah, D. E., & Nulhakim, L. (2023). Perjalanan menuju pemahaman yang mendalam mengenai ilmu pengetahuan: studi filsafat tentang sifat realitas. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.815

Bond, G., & Chernoff, E. J. (2015). Mathematics and Social Justice: A Symbiotic Pedagogy. Journal of Urban Mathematics Education, 8(1). https://doi.org/10.21423/jume-v8i1a256

Budiarti, A., Rahmadani, A., & Fauziati, E. (2022). Perspektif Realisme terhadap Penggunaan Metode Inquiry Learning. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), Article 1. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/pgsd/article/view/1775

Cahyani, N. M. M., & Damayanti, N. W. E. (2022). Unsur-unsur dan filosofis pendidikan. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), Article 1.

Hadi, S., Kurnianto, H., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: meta sintesis untuk riset perilaku organisasional. Sleman: Viva Victory Abadi.

Khafifah, K. L., Safitri, L. D., & Yulianasari, N. (2022). Sejarah perkembangan matematika Yunani kuno dan tokoh-tokohnya. UNEJ E-Proceeding, 539–544.

Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan; The Choice Is Yours. Valia Pustaka.

Mahfud, M., & Patsun, P. (2019). Mengenal filsafat antara metode praktik dan pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.76

Muhmidayeli. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Muttakhidah, RR. I. (2016). Logika matematika, dialektika dan teknik pengambilan simpulan. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 5(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4769

Purnama, W., & Rohmah, M. S. (2018). Sejarah dan Filsafat Matematika. Dirjen GTK.

Rifati, M. (2018). Realisme dalam filsafat pendidikan. file:///C:/Users/Administrator/Downloads/REALISME_DALAM_FILSAFAT_PENDIDIKAN. pdf .

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: keududkan, peran, dan perspektif permasalahan dalam pembelajaran maematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269

Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam filsafat pendidikan. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis pederta didik dalam pembelajaran: A systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42.

Sutono, A. (2011). Aliran Realisme Dalam Filsafat Pendidikan. CIVIS, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26877/civis.v1i1/Januari.377

Tang, M., Mansur, A. H., & Ismail, I. (2021). Landasan filosofis pedidikan: Telaah Pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. Moderation | Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 47-56.

Tumanggor, R. O., & Suharyanto, C. (2017). Pengantar Filsafat Untuk Psikologi. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.

Zairina, N. (2023). Psikologi Pendidikan (Pengantar dan Konsep Dasar). Yogyakarta: K-Media.

Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S. M., Bond, M., & Buntins, K. (Eds.). (2020). Systematic reviews in educational research: Methodology, perspectives and application. Springer VS.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11074

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: