Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika

Asih Miatun, Syafika Ulfah

Sari


Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru matematika adalah kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini merupakan mahasiswa calon guru matematika sebanyak 30 orang dari program studi Pendidikan Matematika salah satu universitas swasta di Jakarta. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan deskriptif persentase dan metode perbandingan tetap. Langkah analisis kualitatif: reduksi data, kategorisasi dan sintesisasi,  dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa sebanyak 63% mahasiswa masih dalam kategori sangat rendah dalam kemampuan penalaran matematisnya. Kemampuan penalaran matematis pada indikator mengajukan dugaan memiliki rata-rata 68% dengan kategori sedang. Selanjutnya pada indikator melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti dan membuat kesimpulan secara berturut-turut menghasilkan rata-rata sebesar 37%, 43%, dan 36% dengan kategori sangat rendah. Sejalan dengan hasil berdasarkan banyak subjek yang menjawab pada setiap kategori penskoran kemampuan penalaran matematis. Dimana paling banyak mahasiswa memberikan dugaan tetapi kurang lengkap. Selanjutnya paling banyak mahasiswa tidak melakukan manipulasi matematika. Hal yang sama, paling banyak mahasiswa memberikan menyusun pembuktian dan membuat kesimpulan tetapi tidak tepat. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adamura, F., & Susanti, V. D. (2018). Penalaran Matematis Mahasiswa dengan Kemampuan Berpikir Intuitif Sedang dalam Memecahkan Masalah Analisis Real. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 77. https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5366

Agustin, R. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogia, 5(2).

Cahyadi, R., Sutriningsih, N., & Keguruan, F. (2022). Analisis Penalaran Matematis Mahasiswa Menyelesaikan Soal Matriks Proyeksi Ortogonal Pada Mata kuliah Aljabar Linear. Jurnal E-DuMath, 8(Hlm), 76–82.

Edwards, L. D. (1999). Odds and Evens: Mathematical Reasoning and Informal Proof among High School Students. Journal of Mathematical Behavior, 17(4), 489–504.

Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran matematika online di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2).

Fauziah, N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 119-124.

Feriyanto, & Imanah, U. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa pada Materi Himpunan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. TEMATIK: Jurnal Konten Pendidikan Matematika , 1(2), 75–88. https://doi.org/10.55210/jkpm

Harli, Syahputri, M., & Febriyanty, L. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring. 03(01), 1–14. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/767/543

Hasanah, S. I., Tafrilyanto, C. F., & Aini, Y. (2019). Mathematical Reasoning: The characteristics of students’ mathematical abilities in problem solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012057

John Selden, & Annie Selden. (1995). Unpacking The Logic Of Mathematical Statements. Educational Studies In Mthematics, 123–151.

Kala Pandu, Y., & Suwarsono, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Limit Fungsi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 4, 436–445. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Lithner, J. (2000). Mathematical reasoning and familiar procedures. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 31(1), 83–95. https://doi.org/10.1080/002073900287417

Moleong, L.J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed Rev). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, G. M. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar II (Teori Gelanggang). Jurnal PRISMA, VI(1).

NCTM. (2009). Executive Summary Focus in High School Mathematics: Reasoning and Sense Making.

Riwayati, S., & Destania, Y. (2019). Efektifitas Desain Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terintegrasi Internet untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. In Alpha Math Journal of Mathematics Education (Vol. 5, Issue 2).

Rohana, O. : (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. In Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 4, Issue 1).

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Ruswana, A. M. (2017). Penerapan pembelajaran peer instruction with structured inquiry (pisi) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 55-65.

Stylianides, A. J., Stylianides, G. J., & Phillipou, G. N. (2004). Undergraduate Students’ Understanding Of The contraposition Equivalence Rule In Symbolic And verbal Contexts. Educational Studiies In Mathematics, 133–162.

Suanto, E., & Nur Siregar, S.. (2022). Pengembangan E-Modul Mata kuliah Masalah Nilai Awal Syarat Batas Berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. 06(01), 164–180.

Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036

Surya, E. (2017). An Analysis of Student’s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry View project. In Article in International Journal Of Advance Research And Innovative. https://www.researchgate.net/publication/318562729

Tak, C. C., Zulnaidi, H., & Eu, L. K. (2022). Measurement Model Testing: Adaption of Metacognitive Awareness Toward Mathematic Reasoning Among Undergraduate Education Students. Contemporary Mathematics and Science Education, 3(2), ep22021. https://doi.org/10.30935/conmaths/12510

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Masa Pandemic Covid 19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2). https:http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp|DOI:https://doi.org/

Ulfa, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Online. 2, 35–43.

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Wahyono, P., Husamah, H., & Setia Budi, A. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Wahyuni, I., & Ikhsan Karimah, N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228–240.

Wati, E., Effendi, A., & Amam, A. (2023). Implementasi Model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetic) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 524-530.

Woolley, J. S., Deal, A. M., Green, J., Hathenbruck, F., Kurtz, S. A., Park, T. K. H., Pollock, S. V. S., Transtrum, M. B., & Jensen, J. L. (2018). Undergraduate students demonstrate common false scientific reasoning strategies. Thinking Skills and Creativity, 27, 101–113. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.004

Yuliany, N., Halimah, A., Manzila, F., & Nina Ichiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: