Bahan Ajar Berbantuan Geogebra dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Design Research
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, D., Nurhan Irawati, N., & Hastuti Noer, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829-838. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46557
Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Amam, A. (2021). Performa Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran dan Kecemasan Matematis Siswa Melalui Model PjBL Berbantuan ICT (p. 6). repository.upi.edu
Amam, A., Fatimah, A. T., Hartono, W., & Effendi, A. (2017). Mathematical Understanding of the Underprivileged Students through GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012007
Andriyani, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16-22. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252
Angkotasan, N. (2016). Keefektifan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1). http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v3i1.122
Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Yang Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 598-604. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.622
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109-122. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 49-58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58
Ferragud, C. B. G, Portolés, J. J. S, & S López, V. S (2015). Effects of Topic Familiarity on Analogical Transfer in Problem-Solving: A Think-Aloud Study of Two Singular Cases. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2015, vol. 11, num. 4, p. 875-887. http://dx.doi.org/10.12973/eurasia.2015.1416a
Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341
Hendriana, H., Martin B., M Afrilianto. (2016). Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Adobe Flash Action Script 2.0: Suatu Pembelajaran Inovatif. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Judith, & Hohenwarter, M. (2014). Introduction to Geogebra Version 4.4. Control. https://doi.org/10.1016/B978-0-240-81203-8.00002-7
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman's error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradigma, 8(01), 37-51. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1368
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.
Lydia, S., & Suparman, S. (2019). Efforts to Increase Communication of Mathematics Through E-LKPD for Flat and Building Materials Approach to The Stad Type Cooperative Learning Model. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics,1(1), 253-258.
Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1-8.
Nazaretha, R., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Video Pada Materi Spldv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 669-680. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.10039
Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34.
Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99-107. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1294
Nurmala, L. M., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2023). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Resiliensi Matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 174-182.
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864
Özyurt, Ö. (2015). Examining The Critical Thinking Dispositions and The Problem Solving Skills of Computer Engineering Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(2), 353-361. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1342a
Pane, I. P., Asmar, A., & Arnawa, I. M. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Basicedu, 7(1), 828-839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4740
Perdomo-Díaz, J., Felmer, P., Randolph, V., & González, G. (2016). Problem solving as a professional development strategy for teachers: A case study with fractions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 987-999. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00653a
Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-Nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2 (2), 155–163. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4200
Rahmawati, I., Alzaber, A., Herlina, S., & Anggraini, L. M. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis discovery learning pada materi perbandingan SMP. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1296
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
Ruswana, A. (2019). Application Of Flipped Classroom Learning Models With Peer Instruction Flipped Type To Improve The Mathematical Problems Solving Ability Of Pre-Prosperous Students. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 168-183.
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Prisma, 6(2), 180-191.
Shakhman, L., & Barak, M. (2019). The Physics Problem-Solving Taxonomy (PPST): Development and Application for Evaluating Student Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(11).
Susanti, S., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305-319. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra (program aplikasi pembelajaran matematika). Palembang: NurFikri Offset.
Wahyuni, A., & Anggraini, L. M. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2208-2217. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.749
Wijaya, N. O. P., & Hidayat, H. (2022). Development of E-LKPD Based on Real Problems in Theory Statistics Data Class VI SDN 101868 Sena Village. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 132-147. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16815
Yunarni, A., Awi, A., & Asdar, A. (2015). Profil Pemahaman Notasi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 1-9.
Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The Effectiveness of The GeoGebra Software: The Intermediary Role of Procedural Knowledge on Students’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 31-38.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11596
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: