Bahan Ajar Berbantuan Geogebra dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Design Research

Alwan Fauzy, Enjang Jaenal, Firman Danny, Wahyu Hidayat, Heris Hendriana, Harry Dwi Putra, Asep Ikin Sugandi

Sari


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) adalah keterampilan esensial yang perlu dimiliki dan dikuasai siswa, terutama dalam menyelesaikan masalah sehari-hari namun realitas di lapangan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah masih rendah. Dalam mendukung peningkatan KPMM, maka diperlukan bahan ajar yang membantu siswa untuk belajar secara aktif dan tidak menimbulkan perasaan bosan pada diri siswa ketika siswa mempelajari matematika di sekolah. Tujuan penelitian ini  mengembangkan bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra. Design Research adalah metode yang dipergunakan pada  penelitian ini. Penelitian ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu desain perencanaan dan desain evaluasi formatif. Subjek pada penelitian adalah  38 siswa SMK  Gema Karya Bahana di Kota Bekasi Kelas X.  Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa  skala sikap, wawancara, dokumentasi dan uji coba soal. Pengolahan data menggunakan cara kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah  bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra sangat valid, praktis dan sangat efektif dalam meningkatkan KPMM terutama dalam materi Program Linear, sehingga bahan ajar menggunakan pendekatan berbasis masalah berbantuan geogebra dapat dipergunakan sebagai alternatif  dalam meningkatkan KPMM siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, D., Nurhan Irawati, N., & Hastuti Noer, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829-838. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/46557

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Amam, A. (2021). Performa Kemampuan Pemecahan Masalah, Penalaran dan Kecemasan Matematis Siswa Melalui Model PjBL Berbantuan ICT (p. 6). repository.upi.edu

Amam, A., Fatimah, A. T., Hartono, W., & Effendi, A. (2017). Mathematical Understanding of the Underprivileged Students through GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012007

Andriyani, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16-22. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Angkotasan, N. (2016). Keefektifan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1). http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v3i1.122

Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Yang Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 598-604. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.622

Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109-122. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 49-58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

Ferragud, C. B. G, Portolés, J. J. S, & S López, V. S (2015). Effects of Topic Familiarity on Analogical Transfer in Problem-Solving: A Think-Aloud Study of Two Singular Cases. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2015, vol. 11, num. 4, p. 875-887. http://dx.doi.org/10.12973/eurasia.2015.1416a

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341

Hendriana, H., Martin B., M Afrilianto. (2016). Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Adobe Flash Action Script 2.0: Suatu Pembelajaran Inovatif. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Judith, & Hohenwarter, M. (2014). Introduction to Geogebra Version 4.4. Control. https://doi.org/10.1016/B978-0-240-81203-8.00002-7

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newman's error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradigma, 8(01), 37-51. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1368

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

Lydia, S., & Suparman, S. (2019). Efforts to Increase Communication of Mathematics Through E-LKPD for Flat and Building Materials Approach to The Stad Type Cooperative Learning Model. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics,1(1), 253-258.

Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1-8.

Nazaretha, R., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Video Pada Materi Spldv Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 669-680. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.10039

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa?. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 27-34.

Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 99-107. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1294

Nurmala, L. M., Zakiah, N. E., & Ruswana, A. M. (2023). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Resiliensi Matematis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 174-182.

Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16-21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864

Özyurt, Ö. (2015). Examining The Critical Thinking Dispositions and The Problem Solving Skills of Computer Engineering Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(2), 353-361. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1342a

Pane, I. P., Asmar, A., & Arnawa, I. M. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Basicedu, 7(1), 828-839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4740

Perdomo-Díaz, J., Felmer, P., Randolph, V., & González, G. (2016). Problem solving as a professional development strategy for teachers: A case study with fractions. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 987-999. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00653a

Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linier Berbasis Nilai-Nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik. Desimal: Jurnal Matematika, 2 (2), 155–163. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4200

Rahmawati, I., Alzaber, A., Herlina, S., & Anggraini, L. M. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis discovery learning pada materi perbandingan SMP. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 42-50. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1296

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35-46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176

Ruswana, A. (2019). Application Of Flipped Classroom Learning Models With Peer Instruction Flipped Type To Improve The Mathematical Problems Solving Ability Of Pre-Prosperous Students. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(2), 168-183.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Prisma, 6(2), 180-191.

Shakhman, L., & Barak, M. (2019). The Physics Problem-Solving Taxonomy (PPST): Development and Application for Evaluating Student Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(11).

Susanti, S., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305-319. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.561

Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai Geogebra (program aplikasi pembelajaran matematika). Palembang: NurFikri Offset.

Wahyuni, A., & Anggraini, L. M. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2208-2217. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.749

Wijaya, N. O. P., & Hidayat, H. (2022). Development of E-LKPD Based on Real Problems in Theory Statistics Data Class VI SDN 101868 Sena Village. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 132-147. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16815

Yunarni, A., Awi, A., & Asdar, A. (2015). Profil Pemahaman Notasi Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Verbal Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 1-9.

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The Effectiveness of The GeoGebra Software: The Intermediary Role of Procedural Knowledge on Students’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 31-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11596

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: