Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi Geometri

Refni Adesia Pradiarti, Sudirman Sudirman, Sisworo Sisworo

Sari


Berpikir kreatif menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Kreativitas matematika siswa dapat diukur melalui pemberian masalah open ended kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemberian soal open ended. Penelitian dilakukan di SMAN 3 Malang. Banyak subjek penelitian 5 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dari hasil tes berpikir kreatif dan wawancara dengan subjek terpilih. Kemampuan berpikir kreatif subjek dianalisis mengacu pada tercapainya 3 indikator berpikir kreatif yang mengacu pada Siswono (2010). Dari hasil penelitian ditemukan 5 tingkat berpikir kreatif yang dikategorikan dalam level 0-4. Siswa yang mampu memenuhi seluruh indikator berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), dan originality (kebaruan) merupakan siswa dengan tingkat berpikir kreatif level 4 yaitu sangat kreatif, siswa yang hanya mampu memenuhi indikator flexibility dan originality dapat dikategorikan sebagai tingkat berpikir kreatif level 3 yaitu kreatif, siswa yang hanya mampu memenuhi indikator flexibility (keluwesan) merupakan siswa dengan tingkat berpikir kreatif level 2 yaitu cukup kreatif, siswa yang hanya mampu memenuhi indikator fluency (kelancaran) merupakan siswa dengan tingkat berpikir kreatif level 1 yaitu kurang kreatif, dan siswa yang belum mampu memenuhi seluruh indikator berpikir kreatif merupakan siswa dengan tingkat berpikir kreatif level 0 yaitu tidak kreatif.

Referensi


Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 3–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/7/077097

Ardiansyah, A. S., & Junaedi, I. (2020). Tingkat Kreativitas Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Muliple Solution Task Setting Challenge Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 258–265.

Ayu, L. S., Moharom, M. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal. Maju, 7(1), 8–17.

Bicer, A. (2021). Multiple representations and mathematical creativity. Thinking Skills and Creativity, 42, 100960. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2021.100960

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Gridos, P., & Avgerinos, E. (2022). Geometrical Figure Apprehension , Construction of Auxiliary Lines , and Multiple Solutions in Problem Solving : Aspects of Mathematical Creativity in School Geometry. International Journal of Science and Mathematics Education, 619–636. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10155-4

Hanany, F., & Sumaji, S. (2021). Berfikir Kreatif Dalam Matematika. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 5(2), 77. https://doi.org/10.24269/silogisme.v5i2.2888

Mahendrawan, E., Solihat, I., & Yanuarti, M. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning (PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 338–347. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1119

Maryanto, N. R., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.6171

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional, 4, 26–36. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44955

Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2609–2615. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.1100

Restanto, R., & Mampouw, H. L. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Numeracy, 5(1), 29–40.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3288%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/3288/8/11. BAB II.pdf

Rudyanto, H. E., Hadi, F. R., Winanto, A., Novianto, A., Hawa, A. M., Sari, Y., Khoiriyah, I. S. A., & Santika, M. (2019). Open Ended Mathematical Problem Solving: An Analysis of Elementary Students’ Creative Thinking Abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012077

Sa’idah, U., & Siswanto, B. (2021). Students ’ Creative Thinking Abilit y in Solving Open-Ended Questions. 597, 275–280.

Schindler, M., & Lilienthal, A. J. (2022). Students’ collaborative creative process and its phases in mathematics: an explorative study using dual eye tracking and stimulated recall interviews. ZDM - Mathematics Education, 54(1), 163–178. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01327-9

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Student’s Creativity in Solving and Posing Matehematical Problem. IndoMS. J.M.E, 1(1), 17–40.

Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Beripikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal On Education, 1(2), 503–508. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/104

Thomson, P., & Jaque, S. V. (2021). Centrality of the creative process: Intuition, autotelic flow, and childhood adversity. Journal of Creativity, 31(October), 100011. https://doi.org/10.1016/j.yjoc.2021.100011

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388

Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.12782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: