Kualitas Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Applet Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS

Kurnia Vera Alif Hazira, Emi Pujiastuti, Sugiman -

Sari


Kemampuan penalaran matematis siswa perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan pembiasaan guru memberikan soal HOTS. Alternatif model pembelajaran yang berpotensi memenuhi standar pembelajaran dan diperkirakan dapat menunjang kemampuan penalaran matematis adalah model Discovery Learning. Discovery Learning mengajak siswa menemukan sendiri solusi dari permasalahan matematis yang dihadapinya.  Berdasarkan beberapa hasil penelitian, pembelajaran dengan media teknologi Geogebra dapat menunjang kemampuan penalaran matematis siswa. Applet Goegebra sebagai kebaruan inovasi dari penelitian ini. Applet Geogebra adalah fitur baru yang dimunculkan dari Geogebra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Applet Geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental berupa The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu kelompok eksperimental dan kontrol dibandingkan. Kedua kelompok tersebut diberikan pre-test kemudian diberikan perlakuan, dan terakhir diberikan post-test. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran dan penelitian memiliki kategori baik dan sangat baik berdasarkan hasil validasi oleh validator serta uji coba tes, (2) pelaksanaan proses pembelajaran dengan Model Discovery Learning berbantuan Media Applet Geogebra memiliki kategori sangat baik berdasarkan hasil pengamatan oleh observer di lembar pengamatan aktivitas pembelajaran dan angket respon siswa, (3) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa lebih dari 63 (batas tuntas aktual), (4) persentase kemampuan penalaran matematis siswa mencapai nilai 63 lebih dari 75%, (5) rata-rata peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan (6) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen setelah pembelajaran lebih baik dari sebelum pembelajaran.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.12842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: