Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Penggunaan Buku Ajar Terhadap Penalaran Matematis Siswa

Nida Nurazizzah, Cita Dwi Rosita

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari diterapkannya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan buku ajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.7 di SMA Negeri 3 Kuningan yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif terhadap hasil tes, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh. Hasil penelitian ini berupa buku ajar dan hasil uji kemampuan penalaran siswa. .

Referensi


Afgani, J. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Apriyani, D. D. (2019). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Atiyah, U., Mawardi, M., & Hasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Online Learning System SD Negeri Kutabumi II. YASIN, 1(2), 146–153.

Branch, R. . (2009). Instructional Design: THE ADDIE Approach. Springer US, pphttps://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Chetty, N. D. S., Handayani, L., Sahabudin, N. A., Ali, Z., Hamzah, N., Rahman, N. S. A., & Kasim, S. (2019). Learning Styles and Teaching Styles Determine Students’ Academic Performances. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 610–615.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177–11182.

Febriyanti, H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 50–65.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35 (2), 175–182.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.

Joyner, J., & Reys, B. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: What’s in It for You? Teaching Children Mathematics, 7(1), 26–29.

Maryam, A. S. (2021). Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nining, N. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 32–41.

Nur’azizzah, N., Pramuditya, S. A., & Rosita, C. D. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 13–20.

Pramuditya, S. A., Nopriana, T., & Yolanda, O. M. (2022). Mudah Membuat Bahan Ajar Matematika menggunakan Canva. Media Sains Indonesia.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.

Rosita, C. D. (2015). Efektivitas model pembelajaran grup investigasi terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada materi ruang vektor. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 1(1).

Shihab, N. (2015). Diferensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna & Menyenangkan. Lentera Hati.

Smale-Jacobse, A. E., Meijer, A., Helms-Lorenz, M., & Maulana, R. (2019). Differentiated instruction in secondary education: A systematic review of research evidence. Frontiers in Psychology, 10, 2366.

Surat, I. M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari, 20(2).

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Tuhulaula, V. S., Sofyan, A., & Fadlilah, D. R. (2022). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Daring Biologi di SMAN 3 Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 2(1), 262–272.

Walkington, C., Woods, D., Nathan, M. J., Chelule, G., & Wang, M. (2019). Does restricting hand gestures impair mathematical reasoning? Learning and Instruction, 64, 101225.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.12847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: