Analisis Pemahaman Siswa SMP Terhadap Perkembangan Filsafat Matematika

Aisyah Alya, Yulyanti Harisman

Sari


Hubungan antara filsafat dan matematika sangat kuat dibandingkan dengan semua bidang lain karena keduanya merupakan dasar dari semua bidang lain. Bahkan, ada yang bependapat bahwa keduanya adalah induk dari semua bidang ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang filsafat matematika dan untuk mengetahui seberapa memahami siswa SMP terhadap filsafat matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan literatur review dan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP sebanyak duapuluh lima orang. Penelitian ini menggunakan analisis beberapa artikel dan pengisian kuisioner yang mengajukan pertanyaan kepada siswa SMP sebagai instrumen penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode meta review dan tematik. Hasil dari penelitian ini menyajikan informasi mengenai filsafat matematika dan menganalisis pemahaman siswa SMP terhadap filsafat matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albar, M., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Hubungan Matematika dan Filsafat. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1393–1396. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1417

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 1–9.

Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review : Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dalam Pembelajaran Matematika. 10(2), 118–135.

Dian Juli Adisaputra, & Suseno, A. (2022). Perspektif Filsafat Matematika Dalam Alkitab Di Era Disrupsi. Manna Rafflesia, 8(2), 567–587. https://doi.org/10.38091/man_raf.v8i2.231

Ernest, P. (2013). The philosophy of mathematics education. In The Philosophy of Mathematics Education. https://doi.org/10.4324/9780203058923

Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. 229–239.

Fatimah, S. Eva, N. dkk. (2021). Flow sebagai Prediktor Keterlibatan Akademik pada Mahasiswa. Buku Abstrak Seminar Nasional, April, Systematic Review dan Meta-Analysis. In Seminar Na.

Firmansyah, M., & Artikel, I. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. 3(2).

Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20–25. http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JAE/article/view/64%0Ahttp://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JAE/article/download/64/43

Herlina, T. (2022). Pendekatan Ontologis, Epistimologis, Dan Aksiologi Sebagai Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dunia Ilmu, 2(1), 1–9. http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/65

Mahcmud, T. (2011). RASIONALISME DAN EMPIRISME Kontribusi dan dampaknya pada perkembangan filsafat matematika. Jurnal Inovasi, 8(1), 12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/752/695

Maskar, S., Ulfa, Mahcmud, T., Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., Naibaho, T., Tiofanny, Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., Sitepu, S., Nyoman, N. G., Gayatri, N. G., Maskar, S., Anderha, R. R., Studi, P., Matematika, P., Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., … Muslim, S. (2021). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.338

Nyoman, N. G. (2022). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.64

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Sepren, 1(1), 11–14. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154

Prabowo, A. (2009). JMP : Volume 1 Nomor 2, Oktober 2009. Aliran Aliran Filsafat Dalam Matematika, 1, 25–45.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia.

Rani, M. S. (2022). Pentingnya Filsafat Dalam Matematika Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal of Arts and Education, 2(3), 20–25. https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.64

Rifai, I. P., Rahayuni, K., Hanief, Y. N., & Yunus, M. (2022). A qualitative study of beach volleyball student athlete career transition at Malang State University. Journal of Science and Education (JSE), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.56003/jse.v3i2.159

Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan analisis konten dan analisis tematik.

Ruhiat, D. J., Puspitarani, M., Salma, S., & Fajrussalam, H. (2022). Sejarah Konsep Matematika dalam Peradaban Islam dan Implementasinya dalam Kehidupan. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v5i2.1116

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28. https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269

Shofiyana, B., & Rahman, F. (2020). Kemajuan dan Idealisme Sains Islam Abad Pertengahan: Perspektif Idealisme Absolut Hegel. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 161–171. https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/396

Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., Naibaho, T., & Tiofanny. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(02), 32–39.

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf

Soulisa, I., Rahman, A. A., Nasryah, C. E., & Indonesia, U. I. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Widina bhakti persada bandung (Vol. 5, Issue 3). www.penerbitwidina.com

Suyitno, H., & Rochmad, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Filsafat Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Berbasis Kompetensi dan Konservasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 199. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4981

Syahnia, S. M., Nurwahidin, M., & Sudjarwo. (2022). Perkembangan Matenatika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. 2(7), 2669–2680.

Tarigan, R., Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., Sitepu, S., Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., Naibaho, T., Tiofanny, Mahcmud, T., Ulfa, Maskar, S., Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., Muslim, S., Suyitno, H., Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2021). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar Untuk Siswa Smp/Mtsdengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.338

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM PRESS Bangkalan - Madura, 119.

Wahyuningsih, S., Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. In UTM PRESS Bangkalan - Madura (Vol. 26, Issue 2). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.13257

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: