Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Syifa Mardliyah, Tatang Herman, Suhendra Suhendra, Eritha Dewi Febrianti

Sari


Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang perlu dikuasai siswa. Namun, fakta dilapangan menyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B berjumlah 22 orang. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang sudah memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis. Terdapat satu siswa yang memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis, tiga siswa yang memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis, lima siswa yang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis, tujuh siswa yang memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis, dan enam siswa yang tidak memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir kritis.

Referensi


Azizi, H., & Herman, T. (2020). Critical thinking and communication skills of 10th grade students in trigonometry. In Journal of Physics: Conference Series. 1469. IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1469/1/012161/meta

Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The Effects of Subject-Based Critical Thinking Education in Mathematics on Students' Critical Thinking Skills and Virtues. Eurasian Journal of Educational Research, 99-119.

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X dalam memecahkan masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909-922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Calkins, S., Grannan, S., & Siefken, J. (2020). Using peer-assisted reflection in math to foster critical thinking and communication skills. Primus, 30(4), 475-499. https://doi.org/10.1080/10511970.2019.1608608

Coberly-Holt, P., & Elufiede, K. (2019). Preparing for the Fourth Industrial Revolution with Creative and Critical Thinking. Adult Higher Education Alliance.

Creswell, J. W. (2003). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. Sage Publications.

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Executive Summary: The Delphy Report. California: The California Academic Press.

Fadilah, A. N., & Haerudin, H. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IX pada materi SPLDV berdasarkan tahapan polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1049-1060. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.10835

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 92-104. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Kodu, H. I., & Muzaki, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX di SMP Swasta Rangga Rame pada Materi Statistika Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 111-119. Diakses dari https://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jppms/article/view/67

Kozikoğlu, I. (2019). Investigating Critical Thinking in Prospective Teachers: Metacognitive Skills, Problem Solving Skills and Academic Self-Efficacy. Journal of Social Studies Education Research, 111-130. Diakses dari https://www.learntechlib.org/p/216567/

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan, Membantu Peserta didik Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantu question card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44-51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Learning 21st-Century Skills Requires 21st-Century Teaching. Phi Delta Kappan, 8-13. https://doi.org/10.1177/00317217120940

Shakirova, D. M. (2007). Technology for the shaping of college students’ and upper-grade students’ critical thinking. Russ. Educ. Soc, 49(9), 42-52. https://doi.org/10.1177/003172171209400203

Ye, P., & Xu, X. (2023). A case study of interdisciplinary thematic learning curriculum to cultivate “4C skills”. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1080811

Yulianti, S., & Herman, T. (2023). STEM integrated project-based learning to improve mathematical critical thinking skills. In AIP Conference Proceedings. 2805. AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0166490




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13312

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: