Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Model PBL dan CTL Berbasis Project-Based Learning pada Penyelesaian Soal AKM di Kabupaten Lebak Banten
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 1(2), 136-144. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effect of Problem-Based Learning to Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. IJARIIE, 3(2), 3441–3446. Retrieved from: www.ijariie.com
Bender, W. N. (2012). Project Based Learning Differentiating Instruction for the 21st Century. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Beres, P. J. (2011). Project-Based Learning and Its Effect on Motivation in The Adolescent Mathematics Classroom. Education and Human Development Master’s Theses. 39. Retrieved from: http://digitalcommons.brockport.edu/ehd_theses/39
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan LKPD Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80- 91
Farida, R., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Guo, S. & Yang, Y. (2012). Project-based learning: an effective approach to link teacher professional development and students learning. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 41-56. Retrieved from: https://aquila.usm.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1034&context=jetde
Harahap, N. A. (2018). Efektivitas penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72. DOI: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2022). Analisis Kebijakan Pemerintah pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(3), 252-260. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i3.344
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55-64. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Hendriani, M., Jamaris., Marsyidin, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 361-371. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.123327
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., & Prameswari, D. H. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(2), 128-143. DOI: https://doi.org/10.23887/prasi.v16i02.40671
Indrawanti, D., Hobri, Hadi, A. F., Fauziah, E. W. (2019). Critical Thinking Ability in Solving Triangle Problems Based on Lesson Study for Learning Community (LSLC). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 121-146. DOI: https://doi.org/10.1088/1755- 1315/243/1/012146.
Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 3. 369-374.
Karaduman, G. B. (2013). The Relationship Between Prospective Primary Mathematics Teachers Attitudes Towards Problem-Based Learning and Their Studying Tendencies. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4), 1309-6249.
Kemendikbud. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Available at: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019.pdf
Krauss, J., & Boss, S. (2013). Thinking Through Project-Based Learning Guiding Deeper Inquiry. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Lestari, F. L. (2022). Analisis Problematika dan Pencapaian Siswa dalam Pelaksanaan AKM pada PTM Terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73.DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The Role of Mathematics in Interdisciplinary STEM Education. ZDM-Mathematics Education, 51(6) 869–884. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-019-01100-5
Mok, J. (2009). What is PBL? in Jessie Ee & Oon Seng Tan (Eds). PBL Made Simple Lesson for The Classroom (pp 4-12). Singapore: Cengage Learning Asia.
Muahor., & Yulianto, D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Geomath: Junral Pendidikan Matematika, 2(2), 65-77. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868
Nurfadilah, I., Hepsi, Fatah, A. (2021). Using Realistic Mathematics Education in Mathematical Problem-Solving Ability Based on Students’ Mathematical Initial Ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 35-46. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3166.
Nuriati, N., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. InPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2), 576-583.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. DOI: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Opertti, R. (2017). 15 Clues to Support the Education 2030 Agenda. In R. Opertti, G. Magni, I. Siakalli, & H. Kang (Eds.), Current and Critical Issues in Curriculum, Learning and Assessment. IBE UNESCO International Bureau of Education. Availale at: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000259069
Ozdemir, A. S., & Tabuk, M. (2009). The Effect of Multiple Intelligence Approach in Project-Based Learning on Mathematics Achievement. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1), 177-195. Retrieved from: https://www.ajindex.com/dosyalar/makale/acarindex-1423904518.pdf
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51– 71. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Rachmawati, A. (2022). Menguak Paradigma Baru Kurikulum Prototipe (2022). Retrieved from: https://uns.ac.id/id/unsopinion/menguak-paradigma-baru-kurikulum-prototipe-2022.html
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Jurnal Majamath, 2(2), 87-93. Retrieved from: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/424/258
Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of Critical and Creative Thinking of Students of Mathematics Education Study Program. Journal of Physics, 983(1), 1-4. DOI: 10.1088/1742-6596/983/1/012076
Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1934
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Saraswati, P. M., & Agustika, G. N. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 257 -269. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing. Available at:https://search.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf
Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-Service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.484.
Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem-Solving Skill through Problem-Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331. Retrieved from: http://gssrr.org/index.php?journal=Journal
Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 224–228. DOI: 10.26858/publikan.v8i3.6421
Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Skolah Dasar Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Universitas PGRI Semarang. Available at: https://eprints.upgris.ac.id/320/1/Joko%20Sulianto.pdf
Suparman, Yohannes, Arifin, N. (2021). Enhancing Mathematical Problem-Solving Skills of Indonesian Junior High School Students through Problem-Based Learning: A Systematic Review and Meta-Analysis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8036
Syafluddin, G. S. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Trisnawati, T., Waluya, S. B., Dewi, N. R., & Yulianto, D. (2022). Development of Electronic Flipbook Realistic Mathematics Education of YouTube to Increase Student Attractiveness. International Conference on Science, Education, and Technology, 8(1), 915–921. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/1858
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers, 227 -234.
Warata, F. U., Wahyudi, E., & Kii, W. Y. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tana Righu. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75-82. DOI: https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.258
Warisdiono, E. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Warsito, Darhim, & Herman, T. (2018). Improving Students’ Mathematical Representational Ability through RME-Based Progressive Mathematization. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012038. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012038.
Widana, W. 1. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450 – 462. DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Yulianto, D & Maryam, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Sekolah Dasar Negeri dalam Menyelesaikan Soal AKM: Studi Kasus di Kabupaten Lebak Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (Sandika V) 5(1), 1-21.
Yulianto, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symetry|Pasundan: Journal of Research in Mathematics Learning, 1(2). 18-35.
Yulianto, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pengguna Platform Digital terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Kritis Siswa di MA Daar El Qolam. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics, 5(1), 107-128. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2790
Yulianto, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Se-Kabupaten Tangerang pada Penyelesaian Soal AKM Berdasarkan Tahapan Polya. Geomath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-22. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i1.871
Yulianto, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Tingkat Habit of Mind (HOM). Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 249–268. DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v1i3.51
Yulianto, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Lesson Study Berbasis Proyek dalam Bentuk Infografis dan Keterampilan 4C terhadap Hasil Belajar Metodologi Penelitian dengan Kovariabel Motivasi Mahasiswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematical Learning and Education, 8(2), 288-302. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.8603
Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Scientifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12395
Yulianto, D., Juniawan, E. A., & Kusdini, R. (2023). Pengaruh Metode Accelerted Learning For The 21st Century Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Silogisme: Kajian IlmuMatematika dan Pembelajarannya, 8(2), 112-127. DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.7882
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika),1(2), 258-274. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index
Terindek: