Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan Model PBL dan CTL Berbasis Project-Based Learning pada Penyelesaian Soal AKM di Kabupaten Lebak Banten

Dwi Yulianto, Yusup Junaedi, Egi Adha Juniawan, Syahrul Anwar

Sari


Penelitian ini dilakukan karena rendahnya ketrampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) pada aspek kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah matematis siswa SMP di Kabupaten Lebak Banten. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keefektifan pendekatan matematika realistik dengan model Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) berbasis Project-Based Learning (PMR-PBL dan PMR-CTL) serta membandingkan efektivitas keduanya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), terutama berfokus pada kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2  3 secara Randomized Control Group Only Design dengan Top of Formmenggabungkan model penerapan pendekatan Matematika Realistik dengan model (PMR-PBL dan PMR-CTL) berbasis Project-Based Learning untuk mengukur pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada penyelesaian soal AKM siswa SMP di Kabupaten Lebak Banten ditinjau dari kemampuan berpikir kiritis, kreatif dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent group design pada 104 siswa SMP di Kabupaten Lebak Banten. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel melalui uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rataan. Instrumen penelitian berupa soal uji berbentuk esai dengan 5 item tes berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada soal AKM. Sebelumnya, instrumen tersebut telah melewati serangkaian analisis, termasuk uji validitas soal, uji tingkat kesulitan, uji daya pembeda, dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis multivariate analysis of variance (MANOVA) dan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMR-PBL efektif meningkatkan kemampuan HOTS siswa, khususnya dalam berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah matematis. Sementara PMR-CTL juga memberikan hasil yang serupa. Namun, tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua pendekatan tersebut dalam efektivitasnya terhadap kemampuan HOTS siswa SMP di wilayah tersebut.

Referensi


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 1(2), 136-144. Available at: https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effect of Problem-Based Learning to Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. IJARIIE, 3(2), 3441–3446. Retrieved from: www.ijariie.com

Bender, W. N. (2012). Project Based Learning Differentiating Instruction for the 21st Century. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Beres, P. J. (2011). Project-Based Learning and Its Effect on Motivation in The Adolescent Mathematics Classroom. Education and Human Development Master’s Theses. 39. Retrieved from: http://digitalcommons.brockport.edu/ehd_theses/39

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan LKPD Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80- 91

Farida, R., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Guo, S. & Yang, Y. (2012). Project-based learning: an effective approach to link teacher professional development and students learning. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2), 41-56. Retrieved from: https://aquila.usm.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1034&context=jetde

Harahap, N. A. (2018). Efektivitas penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di kelas XI SMA Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 65–72. DOI: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2022). Analisis Kebijakan Pemerintah pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(3), 252-260. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i3.344

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55-64. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hendriani, M., Jamaris., Marsyidin, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 361-371. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2.123327

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., & Prameswari, D. H. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(2), 128-143. DOI: https://doi.org/10.23887/prasi.v16i02.40671

Indrawanti, D., Hobri, Hadi, A. F., Fauziah, E. W. (2019). Critical Thinking Ability in Solving Triangle Problems Based on Lesson Study for Learning Community (LSLC). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 121-146. DOI: https://doi.org/10.1088/1755- 1315/243/1/012146.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science, 3. 369-374.

Karaduman, G. B. (2013). The Relationship Between Prospective Primary Mathematics Teachers Attitudes Towards Problem-Based Learning and Their Studying Tendencies. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(4), 1309-6249.

Kemendikbud. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Available at: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019.pdf

Krauss, J., & Boss, S. (2013). Thinking Through Project-Based Learning Guiding Deeper Inquiry. Thousand Oaks, CA: Corwin.

Lestari, F. L. (2022). Analisis Problematika dan Pencapaian Siswa dalam Pelaksanaan AKM pada PTM Terbatas. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–7. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6193

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73.DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The Role of Mathematics in Interdisciplinary STEM Education. ZDM-Mathematics Education, 51(6) 869–884. DOI: https://doi.org/10.1007/s11858-019-01100-5

Mok, J. (2009). What is PBL? in Jessie Ee & Oon Seng Tan (Eds). PBL Made Simple Lesson for The Classroom (pp 4-12). Singapore: Cengage Learning Asia.

Muahor., & Yulianto, D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Geomath: Junral Pendidikan Matematika, 2(2), 65-77. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868

Nurfadilah, I., Hepsi, Fatah, A. (2021). Using Realistic Mathematics Education in Mathematical Problem-Solving Ability Based on Students’ Mathematical Initial Ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 35-46. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3166.

Nuriati, N., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Outdoor Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. InPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2), 576-583.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. DOI: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Opertti, R. (2017). 15 Clues to Support the Education 2030 Agenda. In R. Opertti, G. Magni, I. Siakalli, & H. Kang (Eds.), Current and Critical Issues in Curriculum, Learning and Assessment. IBE UNESCO International Bureau of Education. Availale at: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000259069

Ozdemir, A. S., & Tabuk, M. (2009). The Effect of Multiple Intelligence Approach in Project-Based Learning on Mathematics Achievement. International Online Journal of Educational Sciences, 1(1), 177-195. Retrieved from: https://www.ajindex.com/dosyalar/makale/acarindex-1423904518.pdf

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51– 71. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Rachmawati, A. (2022). Menguak Paradigma Baru Kurikulum Prototipe (2022). Retrieved from: https://uns.ac.id/id/unsopinion/menguak-paradigma-baru-kurikulum-prototipe-2022.html

Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Jurnal Majamath, 2(2), 87-93. Retrieved from: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/424/258

Rochmad, Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of Critical and Creative Thinking of Students of Mathematics Education Study Program. Journal of Physics, 983(1), 1-4. DOI: 10.1088/1742-6596/983/1/012076

Samura, A. O. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1934

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Saraswati, P. M., & Agustika, G. N. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 257 -269. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. Fondatia, 5(2), 153–162. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1387

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing. Available at:https://search.oecd.org/pisa/PISA%202018%20Insights%20and%20Interpretations%20FINAL%20PDF.pdf

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2020). Problem-Solving Method: The Effectiveness of The Pre-Service Elementary Education Teacher Activeness in The Concept of Physics Content. Jurnal Basicedu, 4(4), 1074–1083. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.484.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students’ Problem-Solving Skill through Problem-Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331. Retrieved from: http://gssrr.org/index.php?journal=Journal

Siswanto, R. D., & Azhar, E. (2018). Workshop Penerapan Software GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Guru Sekolah Dasar Kelurahan Pademangan Barat. Publikasi Pendidikan, 8(3), 224–228. DOI: 10.26858/publikan.v8i3.6421

Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. (2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Skolah Dasar Pilot Project Kurikulum 2013 di Kota Semarang. Universitas PGRI Semarang. Available at: https://eprints.upgris.ac.id/320/1/Joko%20Sulianto.pdf

Suparman, Yohannes, Arifin, N. (2021). Enhancing Mathematical Problem-Solving Skills of Indonesian Junior High School Students through Problem-Based Learning: A Systematic Review and Meta-Analysis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan, 12(1), 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8036

Syafluddin, G. S. (2019). Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trisnawati, T., Waluya, S. B., Dewi, N. R., & Yulianto, D. (2022). Development of Electronic Flipbook Realistic Mathematics Education of YouTube to Increase Student Attractiveness. International Conference on Science, Education, and Technology, 8(1), 915–921. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/1858

Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Keterampilan Generik Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers, 227 -234.

Warata, F. U., Wahyudi, E., & Kii, W. Y. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tana Righu. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 75-82. DOI: https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.258

Warisdiono, E. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Warsito, Darhim, & Herman, T. (2018). Improving Students’ Mathematical Representational Ability through RME-Based Progressive Mathematization. Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012038. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012038.

Widana, W. 1. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450 – 462. DOI: http://dx.doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Yulianto, D & Maryam, S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Sekolah Dasar Negeri dalam Menyelesaikan Soal AKM: Studi Kasus di Kabupaten Lebak Banten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (Sandika V) 5(1), 1-21.

Yulianto, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symetry|Pasundan: Journal of Research in Mathematics Learning, 1(2). 18-35.

Yulianto, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pengguna Platform Digital terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Kritis Siswa di MA Daar El Qolam. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics, 5(1), 107-128. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2790

Yulianto, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Se-Kabupaten Tangerang pada Penyelesaian Soal AKM Berdasarkan Tahapan Polya. Geomath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-22. DOI: http://dx.doi.org/10.55171/geomath.v3i1.871

Yulianto, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Tingkat Habit of Mind (HOM). Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 249–268. DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v1i3.51

Yulianto, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Lesson Study Berbasis Proyek dalam Bentuk Infografis dan Keterampilan 4C terhadap Hasil Belajar Metodologi Penelitian dengan Kovariabel Motivasi Mahasiswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematical Learning and Education, 8(2), 288-302. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.8603

Yulianto, D., & Juniawan, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire dengan Pendekatan Scientifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 15(1), 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v15i1.12395

Yulianto, D., Juniawan, E. A., & Kusdini, R. (2023). Pengaruh Metode Accelerted Learning For The 21st Century Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Silogisme: Kajian IlmuMatematika dan Pembelajarannya, 8(2), 112-127. DOI: https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i2.7882

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika),1(2), 258-274. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13457

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: