Pengaruh Self Confidence & Prestasi Belajar Kalkulus : Suatu Studi Korelasional di Perguruan Tinggi

Kiara Arfia, Rhomiy Handican

Sari


Indikasi rendahnya prestasi kalkulus mahasiswa jurusan Tadris Matematika di IAIN Kerinci, yang diduga terkait dengan tingkat self-confidence yang kurang memadai. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara self-confidence dan prestasi kalkulus mahasiswa sebagai langkah mendukung peningkatan kualitas pendidikan, terutama di IAIN Kerinci. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Dari total populasi sebanyak 92 mahasiswa, dipilih 30 mahasiswa sebagai sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari dokumentasi dan angket self-confidence. Analisis data dimulai dengan uji prasyarat seperti uji normalitas yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,200. Uji linearitas dengan nilai Sig (2-tailed) Deviation from Linearity sebesar 0,938 (>0,05), mengindikasikan bahwa terdapat hubungan linear signifikan antara variabel self-confidence (X) dan Prestasi Kalkulus (Y). Pada uji regresi linear sederhana, koefisien regresi Self-Confidence (X) terhadap Prestasi Kalkulus (Y) adalah -21,922 dengan nilai yang signifikan, menunjukkan bahwa setiap peningkatan sebesar 1% dalam Self-Confidence menyebabkan penurunan sebesar 1.134 dalam Prestasi Kalkulus. Sementara uji hipotesis menunjukkan bahwa Self-Confidence memiliki pengaruh tidak signifikan sebesar 11% terhadap variasi dalam prestasi Kalkulus. Dari hasil diatas dapat disimpulkan Self-confidence memiliki pengaruh negatif terhadap prestasi kalkulus atau tidak terdapatnya hubungan diantara ke-2 variabel tersebut. implikasinya adalah perlunya penekanan lebih pada faktor-faktor lain seperti metode belajar, kualitas pengajaran, dan pemahaman materi sebagai strategi utama untuk meningkatkan prestasi belajar Kalkulus.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Qurni, K., Kustiawati, D., & Firdausi, F. (2021, August). Pengembangan instrumen kepercayaan diri matematika pada materi program linear. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 6, pp. 175-186).

Ali, M., Hasan, A., & Rahman, S. (2022). Academic Motivation and Achievement: The Mediating Role of Self-Confidence. International Journal of Educational Psychology, 11(1), 75–92.

Amri, A. (2018). Exploring Self-Confidence in Calculus: A Quantitative Study. Journal of Mathematics Education, 11(2), 87–104

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28-34.

Brown, E. (2017). Exploring the Impact of Self-Confidence on Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 109(3), 345–356.

Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2018). Optimism. Clinical Psychology Review, 30(7), 879–889.

Clark, L. (2020). The Role of Self-Confidence in Academic Success. Journal of Applied Psychology, 125(4), 487–495.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2019). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. The Guilford Press.

Dinda, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantu Powtoon Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Confidence Peserta Didik di SMA N 1 Martapura (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Disriani, R., & Habibi, M. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 125-131.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85.

Ekawati, S., Basir, F., & Karmila, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiwa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 188-196.

Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 17–31.

Fahrurozi, M., Toat, M., Amalia, D., Nursalimah, F., & Asmariana, Y. (2023). Evaluasi Efektivitas Program Pencegahan Penyakit Kronis: Fokus pada Gaya Hidup Sehat dan Pengelolaan Stres. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 3(2), 1771-1778.

Faizi, N. (2023). Resiliensi Akademik Dalam Perspektif Psikologi Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(4), 1510-1527.

Fardha, R. (2023). Memahami Pengaruh Jiwa dan Nilai Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Usaha di Kota Palu: STRATEGI UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(10), 3117-3130.

Fauzan, R. F., & Suwarsi, S. (2023, July). Pengaruh Hybrid Work Model terhadap Budaya Kerja. In Bandung Conference Series: Business and Management (Vol. 3, No. 2, pp. 825-832).

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93.

Febriani, F., & Ghozali, M. A. (2020). Peningkatan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar melalui model pembelajaran kolaboratif tipe cycle 7E. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 175-186.

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. Sage.

Fitri, S., & Hidayati, N. (2023). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Sesiomadika, 4(1).

Fitriani, A., & Ihsan, M. (2020). Psychological Factors Influencing Academic Achievement. Journal of Educational Psychology, 14(2), 112–127.

Garcia, M. (2022). Optimism and Achievement: Examining the Influence of Self-Confidence. Journal of Positive Psychology, 17(1), 45–58.

Hanifah, S. (2019). Self-Concept and Academic Performance: A Longitudinal Analysis. Educational Psychology, 39(8), 1045–1063.

Hardayati, Y. A., Kurniati, S. R., Salawali, S. H., & Keliat, B. A. (2023). Efektivitas Manajemen Stres Multipel terhadap Stres, Burn Out dan Risiko Gangguan Mental Emosional pada Mahasiswa Pascasarjana Keperawatan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(9), 1768-1775.

Hasan, A. (2021). Quantitative Research Methods in Education. International Journal of Research in Education and Science, 7(1), 192–208.

Herizal, H., Suhendra, S., & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemampuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 017-024

Hidayat, R. (2018). Kontribusi mathematics anxiety terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada pembelajaran kalkulus. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 206-216.

Himawan, R. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Menurut Teori Polya Ditinjau dari Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 10(1), 1-9.

Indriati, K. I., Muchlas, M., & Syuti, M. (2023). Kebiasaan Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Saat Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1319-1332.

Istiqomah, D. N. (2023). ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 156-160.

Ituga, A. S. (2023). Self-Effıcacy, Self-Regulatıon Dan Self-Confıdence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1499-1509

Johnson, J. R., & Smith, P. L. (2019). Intrinsic Motivation: Understanding, Promoting, and Assessing. Journal of Educational Psychology, 111(2), 311–332

Jusriadi, E. (2020). Analysis of Motivation and How The Students Learn in Pandemic. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2).

Khairudin, K. (2020). Kemampuan Awal Kalkulus Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 50-60.

Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 85-96.

Kurniawati, I. D. (2020, September). Pengaruh penggunaan google classroom terhadap pemahaman konsep pada matakuliah kalkulus. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 3, No. 1, pp. 477-482).

Latifah, L., & Bariyyah, K. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 51-56

Linda, D. P., & Sappaile, N. (2019). Hubungan Self Confidence dengan Hasil Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Lubis, M. H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Confidence terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Maharani, F. P., Karmiyati, D., & Widyasari, D. C. (2021). Kecemasan masa depan dan sikap mahasiswa terhadap jurusan akademik. Cognicia, 9(1), 11-16.

Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS model TIMSS dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras J Pendidik Mat, 13(2).

Meika, I., Mauladaniyati, R., Sujana, A., & Berliana, R. (2023). Self-efficacy Matematika dan Mengajar Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 262-267.

Miller, E. M. (2020). Mathematical Talent Development: A Longitudinal Study. Journal of Educational Psychology, 13(1), 45–58.

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9-19

Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Competitor, 12(2), 83-94.

Napitupulu, B. S. D., Yuni, Y., & Atiyyah, R. (2020, December). Hubungan kepercayaan diri (self confidence) dengan hasil belajar matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 209-214)

Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 4(1), 146-156.

Nugraha, I., & Hasanah, U. (2021). Measuring Self-Confidence in Mathematics: A Survey Study. International Journal of Educational Psychology, 10(2), 127–142.

Nur, E. (2017). Perilaku Komunikasi antara Guru dengan Siswa Broken Home. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2).

Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh kreativitas dan kedisiplinan mahasiswa terhadap hasil belajar kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Nuruddin, M., Noor, C. N., & Abidin, A. Z. (2020, March). Exploring the relationship between self-efficacy and mathematics performance in integral calculus among applied science university students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1496, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.

Oktariani, O. (2018). Peranan self efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45-54..

Pallant, J. (2021). SPSS Survival Manual. McGraw-Hill Education.

Purwani, G. P., Muslim, A. H., & Nugroho, A. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik melalui Strategi Pembelajaran Time Token Kelas IV SD Negeri 2 Kotayasa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 71-79.

Rusliah, A., et al. (2020). Understanding Complex Concepts: The Role of Self-Confidence. Journal of Advanced Learning, 15(3), 210–225.

Rohmah, M., Rahmadani, R., Ismail, K., Rifa'i, N., & Damayanti, M. (2023). Analisis Hight Order Thinking Skill Berdasarkan Self Confidence dan Self Efficacy (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nurul Huda). UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 7(02), 107-132.

Salsabila, T. (2021). Pengaruh quarter life crisis terhadap kepercayaan diri mahasiswa psikologi UIN Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Silmi, A. N., Sugilar, H., & Suratman, A. (2023, December). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Kalkulus Vektor Mahasiswa Pendidikan Matematika. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 32, pp. 1-6).

SINAGA, J. M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional (emotional Interligence) dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Unimed (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan)

Sinaga, R., Repidawati, R., Heriyanti, S., Novita, E., Sinaga, R., & Jaiyah, J. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 066665 Medan Denai Tahun Ajaran 2023/2024. Journal on Education, 6(2), 12195-12202.

Siregar, H. M., Solfitri, T., Syofni, S., & Anggraini, R. D. (2023). Profil Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Materi Integral Luas Dan Volume Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1).

Situmorang, A., & Sari, R. (2021). The Effectiveness of Learning Approaches on Self-Confidence Development. Educational Technology & Society, 24(1), 123–135.

Smith, D., Johnson, M., & Brown, L. (2019). Confidence and Success in Mathematical Learning: A Longitudinal Study. Mathematics Education Research Journal, 31(2), 167–183.

Snyder, C. R., Cheavens, J., & Michael, S. T. (2019). Hope: Theory, Measurement, and Applications. In Handbook of Positive Psychology (pp. 257–276). Oxford University Press.

Sujarweni.V.W. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal-193

Sulistyowati, S., & Wulandari, I. (2019). Developing Self-Confidence in Higher Education. International Journal of Higher Education, 8(5), 176–187.

Sundari, A. (2020). Sinergitas Orang Tua-Guru dalam Membentuk Karakter Jujur dan Daya Juang Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 119-128.

Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi, R. (2018). Higher order thingking (HOT) problems to develop critical thinking ability and student self efficacy in learning mathematics primary schools. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 1, No. 1)

Tresnawati, I. W., & Naqiyah, N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas ix SMP Negeri 34 surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya, 11(1), 25-34.

Ulfa, D., Rahmi, D., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 400-409.

Winarsih, P., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan self confidence terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 895-902.

Wulandari, W., & Kumalasari, D. (2022). Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Dukungan Dosen?. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1).

Yanuar, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Kalkulus dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kalkulus Berdasarkan Gender. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1-7.

Yulianti, S. (2023). Peran matematika dalam membangun peradaban Islam. Maliki Interdisciplinary Journal, 1(4), 26-34.

Zidane, F. Z. (2023). Pengaruh self confidence terhadap entrepreneurship pada generasi milenial Kota Depok (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.13677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: