Pengaruh Model PBL Dan CTL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri

Arianto Putra

Sari


Uji hipotesis ANOVA dua arah dengan taraf signifikan (α = 5% atau 0,05) memberikan hasil sebagai berikut: (1) Jika sig.probabilitas 0,000 atau kurang dari 0,05 dan hipotesis nol (Ho) ditolak maka problem-based learning (PBL) dan model context-based learning (CTL) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah aritmatika siswa. (2) Jika nilai probabilitas (sig.probability) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 dan hipotesis nol (Ho) ditolak, maka model problem-based learning (PBL) dan context-based learning (CTL) berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri. (3) Jika nilai probabilitas (sig.probability) sebesar 0,425 atau lebih besar dari 0,05 dan hipotesis nol (Ho) ditolak maka model problem-based learning (PBL) dan context-based learning (CTL) berinteraksi untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. pemecahan masalah dan efikasi diri

Referensi


Farihah, U. (2021). Media Pembelajaran Matematika: Vol. pertama (I. D. M. P. Wahyuni, Ed.; Pertama). Lintas Nalar,CV.

Fitra Ningsih, W., & Isnaria Rizki Hayati, dan. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Prose dan Hasil Belajar Matematika. In JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER (Vol. 1).

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1–6.

Khoerunnisa, P., Syifa, &, & Aqwal, M. (2020). ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Lumban Gaol, R., & Julinda Simarmata, E. (2019). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Guru Kita, 3(4), 342–348.

Maulana Rapsanjani, D., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. In Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 3).

Rizky Utari, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3, 1–7.

Sri Sumartini, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Vol. 5, Issue 2).

Syifa Alamiah, U., & Ekasatya Aldila Afriansyah, dan. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open-Ended. Mosharafa, 6(2), 207–215. http://e-mosharafa.org/

Thayeb, T., & Putri, A. P. (2017). KEMAMPUAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B MTS MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA (Vol. 5, Issue 1).

Ummi Arifah dan Abdul Aziz Saefudin. (2017). menumbuhkambangkan kemampuan pemahamam konsep matematika dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. UNION, Jurnal Pendidikan Matematik, 5, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i1.13844

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: