Konstruksi Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Teori Respon Butir

Nur Aini Amalia Sari, Vindy Antia, Ummu Soim Daimah, Ihtiyatul Muhakimah, Sintha Sih Dewanti

Sari


Kemampuan pemecahan masalah merupakan faktor kognitif yang sangat penting dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan subjek penelitian sebanyak 121 peserta didik pada salah satu madrasah tsanawiyah di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan instrumen yang telah dikembangkan oleh peneliti dan kemudian divalidasi oleh ahli. Setelah divalidasi, instrumen tersebut diujicobakan kepada peserta didik yang telah mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hasil uji coba butir soal dianalisis dengan menggunakan Item Response Theory (IRT). Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan pemecahan masalah yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai sebesar 0,97 dan reliabel dengan nilai sebesar 0,736. Berdasarkan hasil analisis faktor eksploratori diketahui bahwa tes kemampuan pemecahan masalah mengukur 2 faktor. Dari 6 butir soal terdapat 5 butir soal yang layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji kecocokan model setelah dimodifikasi menunjukkan nilai p-value sebesar 0, 08021., sehingga model dapat diterima sebagai model yang fit. Berdasarkan hasil PCM menunjukkan item yang memiliki ambang batas 1 < ambang batas 2 hanya pada item 1 dan 3, sedangkan kedua item lainnya yang memiliki ambang batas 4.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angriani, A. D., & Fuadah, N. (2018). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211–223.

Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 212. doi: 10.24252/auladuna.v5i2a9.2018

Aziza, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tertutup dan terbuka pada pokok bahasan lingkaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 126–138.

Bransford, J. D., & Stein, B. S. (1993). The Ideal Problem Solver: A Guide for Improving Thinking, Learning, and Creativity.

De Ayala, R. J. (1993). An introduction to polytomous item response theory models. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 25(4), 172–189.

Dewanti, S. S., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2020). The application of item response theory for development of a students’ attitude scale toward mathematics. New Educational Review, 60(2), 115. doi: 10.15804/tner.2020.60.2.09

Dewey, J. (1933). How we think. In D.C. Heath and Co. Publishers.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami makna tes, pengukuran (measurement), penilaian (assessment), dan evaluasi (evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development, 10(3), 492.

Fitrianty, F., Yunita, A., & Juwita, R. (2022). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 12 Padang. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 91–102. doi: 10.30983/lattice.v2i1.5337

Hanim, A., & Ragimun. (2010). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi di daerah: Study kasus di Kabupaten Jember Jawa Timur. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 14(3), 5.

Ikawati, H. D., Jayadi, A., & Hermansyah. (2022). Analisis kualitas tes dan butir soal sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6263.

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori krulik dan rudnick: Analisis validitas konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. doi: 10.31004/cendekia.v7i1.1761

Magdalena, I., Arwindi, S., & Hasan, S. N. (2023). Menyusun alat penilaian hasil belajar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(4), 8. doi: 10.9644/scp.v1i1.332

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. In Mathematics, The National Council of Teachers of. Retrieved from http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Nur’asiah, R. F., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Deskripsi instrumen tes keterampilan berpikir kritis materi alat optik. Prosiding Simposium Nasional Dan Pembelajaran Sains, (June), 497–500.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 82. doi: 10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88

Polya, G. (1957). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In Princeton University Press: United States of America. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui media tangram. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 17–24. doi: 10.24853/fbc.4.1.17-23

Rahmat, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=75vFDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengajar+merupakan&ots=Xyd1-UD_Ix&sig=G0uiuUj9eH4TNHL9Lrd4BLJ-gew&redir_esc=y#v=onepage&q=mengajar merupakan&f=false

Retnawati, H. (2016). Validitas dan reliabilitas dan karakteristik butir. Parama Publising.

Safaruddin, Anisa, & AF, M. S. (2012). Partial Credit Model ( PCM ) dalam penskoran politomi pada teori respon butir. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi, 9(1), 41.

Situmorang, H. F., & Bunawan, W. (2022). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak parabola. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(3), 45. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Tazkiyah, F., Ihsan, H., & Musthofa, M. A. (2020). Prophetic leadership scale’s validation and the tendency of normative response. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 3(2), 152. doi: 10.15575/jpib.v3i2.5770




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.14867

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: