Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Berdasarkan Newman’s Error Analysis

Danik Martha Khairunnisaa', Sri Sutarni

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi dari menurunnya hasil belajar siswa saat menyelesaiakan soal cerita dengan topik pecahan. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan sebagai identifikasi kesalahan siswa saat menjawab soal cerita materi pecahan untuk siswa pada SMP Negeri 3 Mojosongo yang didasari oleh teori Newman. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan sebanyak 29 siswa kelas 7 menjadi subjeknya. Selanjutnya pada setiap siswa yang menjadi subjek, diberi tes tertulis sebanyak 5 soal cerita, dilakukan wawancara serta dokumentasi sebagai teknik dalam pengumpulan data. Analisis data penelitian ini memiliki tiga langkah yang mesti dilakukan, seperti mereduksi data, menyajikan data, serta menyimpulkan hasil penelitian. Sesudah dilaksanakan penelitian, didapat hasil bahwa banyak dari siswa yang masih membuat kesalahan saat mengerjakan jawaban soal cerita pecahan. Kesalahan tersebut digolongkan dalam 5 indikator kesalahan, indikator pertama merupakan kesalahan yang paling sering terjadi dengan persentase 26,67% yaitu kesalahan saat penulisan hasil akhir, selanjutnya yang kedua merupakan kesalahan keterampilan proses sebesar 28,89%, kesalahan memahami sebesar 17,78%, kesalahan transformasi 15,19%, dan kesalahan membaca sebesar 1,85%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis Of Students’ Errors In Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems For The Topic Of Fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Aisyah, F. N. K., Hariyanu, S., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.11-22

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Chonesty, E., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. http://jcc.ppj.unp.ac.id/index.php/jcpd

Elsa, H. A., & Sudihartinih, E. (2020). Error Analysis Of High School Students On Linear Program Topics Based On Newman Error Analysis Error Analysis Of High School Students On Linear Program Topics Based On Newman Error Analysis. Mathematics Education Journals, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.22219/mej.v4i1.11466

Fatahillah, A., Fajar Wati N.T, Y., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.org/DOI: 10.19184/KDMA.V8I1.5229

Hidayat, R., & Nurrohmah, N. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM, 9(1), 12–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v9i1.975

Junaedi, I., Suyitno, A., Sugiharti, E., & Eng, C. K. (2015). Disclosure Causes Of Students Error In Resolving Discrete Mathematics Problems Based on NEA As A Means Of Enhancing Creativity. International Journal of Education, 7(4), 31–42. https://doi.org/10.5296/ije.v7i4.8462

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(1), 37–51. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3352

Kristianto, E., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2019). Analysis Of Students’ Error In Proving Convergent Sequence Using Newman Error Analysis Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012001

Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal on Education, 2(1), 63–69. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.273

Manalu, A. C. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Munawaroh, M., & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105–114. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.280

Nurdianti, A., Fathurrohman, M., & Nindiasari, H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Bentuk Cerita Menggunakan Teori Newman Pada Siswa SMP Kleas VII. WILANGAN:Jurnal Inovais Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 109–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11810

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Di Kelas VIII–F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 22–31. https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/252

Rr Chusnul, C., Mardiyana, M., & Dewi Retno, S. (2017). Errors Analysis Of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning Of TTW Type. AIP Conference Proceedings, 1913. https://doi.org/10.1063/1.5016662

Santoso, D. ., A, F., & Ulum, B. (2017). Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. P. (2017). Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pada Bilangan Pecahan Dan Reversibilitas. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 60–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715

Sari, Y. R., & Sri, R. (2021). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan pada Siswa Kelas VII. Educatif :Journal of Education Research, 3(4), 1–12. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i4.74

Seng, N. B. (2020). Newman Error Analysis For Errors In Mathematical Word Questions Among Year Three Students In Sekolah Kebangsaan Taman Kluang Barat. Novelty Journals: International Journal of Novel Research In Education And Learning, 7(2), 58–63. www.noveltyjournals.com%0D

Setyono, D., & Sutarni, S. (2013). Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 65–74. http://hdl.handle.net/11617/3247

Sofa, R. N. N. M., & Prabawanto, S. (2023). Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Koneksi Matematis Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2183–2194. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.20072

Sugiyono, S. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. In Memahami Penelitian Kualitatif (p. x+234). Alfabeta.

Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Kencana Prenadamedia Grup. Kencana Prenadamedia Grup.

Sutiarso, S. (2019). Mengapa Sulit Menyelesaikan Soal Pecahan 2/a+3/b= 2/3 ? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 420–428. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2349

Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning Therapy For Students In Mathematics Communication Correctly Based-On Application Of Newman Procedure (A Case Of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Wahidah, Y. N., Inaganah, S., & Ismail, A. D. (2017). The Analysis Of Mathematical Problem Using Newman Stages Reviewed From Emotional Intelligence. Mathematics Education Journals, 1(2), 56–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22219/mej.v1i2.4630




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v9i2.15403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: