Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Online Berbantuan Geogebra Book pada Materi Komposisi Fungsi Kelas XI SMA

Dian Ulfa Sari, Chairuddin Chairuddin, Karunia Karunia

Sari


Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak besar pada praktik pendidikan, khususnya dalam pengajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi lembar kerja online menggunakan Geogebra untuk membantu mengajarkan materi komposisi fungsi kepada siswa SMA. Lembar kerja ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa tentang fungsi matematika melalui alat pembelajaran interaktif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi) untuk mengembangkan dan mengevaluasi lembar kerja. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Watubangga dengan 9 siswa dari kelas XI IPA2 yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Lembar kerja dievaluasi untuk validitas dan kelayakan, berdasarkan penilaian ahli dan umpan balik siswa. Lembar kerja yang dikembangkan mendapat nilai tinggi untuk validitas dan kelayakan, dengan skor rata-rata validitas 85,71% dan skor kelayakan 87,86%. Hasil ini menunjukkan bahwa lembar kerja sangat sesuai dan efektif untuk digunakan di kelas, mendukung pengajaran materi fungsi matematika. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa lembar kerja berbasis Geogebra merupakan alat yang berharga untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang fungsi matematika. Lembar kerja ini memberikan pengalaman belajar interaktif yang dapat melengkapi metode pengajaran tradisional. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi penerapan lembar kerja ini pada topik matematika lainnya dan populasi siswa yang lebih beragam.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.17171

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: