Analisis Kebutuhan Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Media AI Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Asti Gimma Shatila

Sari


Permasalahan utama Dalam penelitian ini adalah beberapa siswa menganggap Matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami sehingga berdampak pada kurangnya minat siswa belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam pembelajaran matematika melalui metode desain thinking menurut David Kalley yang terdiri dari 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Dalam analisis masalah ini menggunakan tiga tahap yaitu empathize, define, ideate untuk menciptakan ide-ide solusi dari beberapa ide-ide solusi yang mungkin. Populasi penelitian yaitu siswa dan guru matematika di MA Darussalam Subah, MA NU Banyuputih dan MA NU Limpung, dengan sampel penelitian terdiri dari responden siswa sebanyak 50 siswa dan guru sebanyak 3 guru. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berupa Google form dan wawancara. Kemudian hasil data yang sudah didapatkan selanjutnya dianalisis dari tahap impetes sampai Devine. Hasil dari pengertian ini ditemukan bahwa kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran matematika yaitu perlu adanya pembelajaran yang asyik dan menyenangkan dengan menggunakan Video pembelajaran berbasis media AI dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan pemecahan masalah siswa MA sehingga peneliti berharap siswa dapat percaya diri serta membantu minat siswa untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematika

Referensi


Amalina, S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017, August). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).

Anderson, T. (2008). The theory and practice of online learning. Athabasca University.

Binns, R. (2018). Fairness in machine learning: Lessons from political philosophy. Proceedings of the 2018 Conference on Fairness, Accountability, and Transparency, 149-159. https://doi.org/10.1145/3287560.3287583

Darling-Hammond, L. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.

Gagné, R. M. (1985). The conditions of learning and theory of instruction.

Hartina, I., Nurmalasari, N., & Hidayat, T. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Pada Fitur Report Helpdesk Ticketing Sistem. INTI Nusa Mandiri, 17(1), 24–31. https://doi.org/10.33480/inti.v17i1.3451

Haryuda Putra, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 111–117.

Heffernan, N. T., & Koedinger, K. R. (2012, May). Integrating assessment within instruction: A look forward. In Invitational Research Symposium on Technology Enhanced Assessments. Washington, DC (pp. 7-8).

Karlina, D., & Indah, D. R. (2022). Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 580-596.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.

Polya, G. (1957). How to solve it. (2), Princeton University Press.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi metode pendekatan design thinking dalam pembuatan aplikasi happy class di kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45-55.

Sekarwulan, K. (2022). Design Thinking Mata Kuliah Pilihan Pendidikan Profesi Guru PraJabatan Tahun 2022.

Sidharta, A. R. A., Rokhmawati, R. I., & Priharsari, D. (2022). Perancangan Learning Management System menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: SMK Prajnaparamita Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 838-847.

Siemon, D. (2016). Addressing the STEM challenge through targeted teaching: What’s the evidence? Proceedings of the 2016 ACER Research Conference (pp. 74 – 78)

UNESCO.(2020).Artificial intelligence in education | UNESCO. https://www.unesco.org/en/digital-education/artificial-intelligence

Wulandari, A., Yektyastuti, R., & Effane, A. (2023, August). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis STEM Design Thinking Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 228-239).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v10i1.17334

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman Teorema: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/index

Terindek: